Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

PPKM Diperpanjang, TransJakarta Kurangi Operasional Bus

Rabu, 4 Agustus 2021 13:23 WIB
Operasional armada bus TransJakarta dikurangi selama PPKM level 4. (Foto : TransJakarta)
Operasional armada bus TransJakarta dikurangi selama PPKM level 4. (Foto : TransJakarta)

RM.id  Rakyat Merdeka - Demi mendukung perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 di DKI Jakarta, PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) mengurangi jumlah armada bus yang dioperasikan.

Pengurangan berlaku pada semua layanan baik bus rapid transit (BRT), Non BRT, layanan Mikrotrans hingga layanan rumah susun (rusun).

Baca juga : PPKM Diperpanjang, Tak Ada Pelonggaran Di Kawasan Puncak Bogor

"Untuk layanan MikroTrans disesuaikan 50 persen. Sementara, semua armada akan melayani pelanggan dengan jarak keberangkatan atau 'headway' setiap lima menit sekali serta setiap 30 menit sekali untuk layanan rusun," kata Direktur Operasional TransJakarta, Prasetia Budi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (4/8).

Prasetia menjelaskan pengurangan jumlah armada bus efektif berlaku mulai Rabu hingga Senin, 9 Agustus mendatang atau selama PPKM level 4 diterapkan. Sebelum PPKM level 4, layanan bus kecil atau MikroTrans beroperasi 100 persen pada hari kerja, sedangkan ketika akhir pekan 80 persen.

Baca juga : Perpanjangan PPKM, Syarat Naik Kereta Api Tak Berubah

Namun mulai Rabu, jumlah armada dikurangi menjadi 50 persen. Dengan adanya penyesuaian ini, pelanggan diharapkan menyesuaikan dan mengatur jadwal keberangkatan dengan baik. Untuk itu, pelanggan bisa memanfaatkan aplikasi TIJE untuk melihat keberadaan dan jadwal kedatangan bus secara "real time".

"Semua bus yang beroperasi dipastikan sudah memenuhi standar protokol kesehatan (prokes) yang sangat ketat seperti pembersihan bus menggunakan cairan disinfektan secara berkala, terpasang tanda jarak aman pada kursi pelanggan dan ketersediaan 'hand sanitizer'," kata Prasetia.

Baca juga : PPKM Diperpanjang, Syarat Perjalanan Nggak Berubah

TransJakarta juga tetap membatasi kapasitas pelanggan yakni maksimal 50 persen dengan ketentuan bus gandeng hanya boleh diisi maksimal 60 penumpang, bus sedang maksimal 30 penumpang, bus kecil maksimal 15 penumpang dan lima penumpang untuk bus kecil. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.