Dark/Light Mode

Banyak Orang Rela Jadi Relawan Vaksin

Warga DKI Ingin Cepat Merdeka Dari Pandemi

Kamis, 19 Agustus 2021 06:40 WIB
Sejumlah petugas mengenakan kostum pejuang saat meninjau proses vaksinasi Covid-19 di Polsek Pasar Rebo, Jakarta Timur, Selasa (17/8/2021). (Foto: Antara/Asprilla Dwi Adha)
Sejumlah petugas mengenakan kostum pejuang saat meninjau proses vaksinasi Covid-19 di Polsek Pasar Rebo, Jakarta Timur, Selasa (17/8/2021). (Foto: Antara/Asprilla Dwi Adha)

 Sebelumnya 
Dalam surat itu juga dijelaskan, penerima vaksin Moderna hanya ditujukan kepada warga asli DKI Jakarta.

Selain syarat penerima vaksin, lewat surat itu Dinkes menyampaikan sejumlah informasi. Antara lain, vaksin Moderna harus disimpan dalam freezer pada suhu -25°C sampai dengan -15°C di Dinas Kesehatan. Sedangkan pada fasilitas pelayanan kesehatan dapat disimpan pada vaccine refrigerator suhu 2-8°C.

Baca juga : Keren, Masyarakat Pengen Segera Bebas Dari Corona

Selain itu, pemberian vaksin sebanyak dua dosis dengan masa interval atau jarak waktu antara suntikan dosis vaksin pertama dengan suntikan kedua 28 hari. Untuk penyuntikan vaksin Moderna dosis 1 harus selesai paling lambat 3 Oktober 2021, sehingga dosis 2 diharapkan selesai pada 31 Oktober 2021.

Dinkes DKI juga merincikan 35 sebaran faskes yang melayani program vaksinasi covid-19 Moderna. Rinciannya untuk daerah Jakarta Pusat, di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Cipto Mangunkusumo, Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan, RS Santo. Carolus, RS Abdi Waluyo, Pusat Pelayanan Kesehatan Pegawai, dan Puskesmas Kecamatan Menteng.

Baca juga : Penurunan Harga Tes PCR Bantu RI Cepat Keluar Dari Pandemi Covid-19

Wilayah Jakarta Utara, layanan vaksin Moderna tersedia di RSUD Koja, RSUD Cilincing, RSUD Pademangan, RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, dan Puskesmas Kecamatan Tanjung Priok.

Untuk Jakarta Barat di RS Dharmais, RSUD Cengkareng, RSUD Tamansari, RSUD Kalideres, RS Pelni, dan Puskesmas Kecamatan Grogol Petamburan.

Baca juga : Anies Rayu Warga DKI Ikut Taklukkan Pandemi

Kemudian di Jakarta Selatan, yakni di RSUP Fatmawati, RSUD Pasar Minggu, RSUD Pesanggrahan, RSUD Mampang Prapatan, RS Mayapada Lebak Bulus, RS Pondok Indah, RS Medistra, RS MMC, RSIA Brawijaya, dan Puskesmas Kecamatan Setiabudi.

Terakhir, untuk daerah di Jakarta Timur di RS Polri Said Sukamto, RSUD Budhi Asih, RSUD Pasar Rebo, RSU Adhyaksa, RSUD Kramat Jati, RS Antam Medika, dan Puskesmas Kecamatan Kramat Jati. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.