Dark/Light Mode

Kejar Herd Immunity

Vaksinasi Merdeka Serbu Daerah Penyangga Jakarta

Sabtu, 21 Agustus 2021 07:05 WIB
Warga mendapatkan suntikkan vaksin Covid-19 di Pusat Jajanan Serba Ada di kawasan Pendurenan, Jakarta, Jumat (20/8/2021). (Foto: Antara/M Risyal Hidayat)
Warga mendapatkan suntikkan vaksin Covid-19 di Pusat Jajanan Serba Ada di kawasan Pendurenan, Jakarta, Jumat (20/8/2021). (Foto: Antara/M Risyal Hidayat)

 Sebelumnya 
Namun, Yusri belum dapat memastikan waktu penerimaan dosis kedua bagi masyarakat di Jakarta. Karena umumnya mereka baru menerima vaksinasi dosis pertama akhir pekan kemarin.

Menurutnya, Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Metro Jaya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Banten terkait program Vaksinasi Merdeka di wilayah aglomerasi.

“Memang terkendala permasalahan vaksinasi. Tapi kami sudah berkoordinasi dengan Kemenkes (Kementerian Kesehatan) diprioritaskan untuk penyangga di Ibu Kota,” katanya.

Baca juga : Perlu Tahu, Q&A Seputar Vaksinasi Moderna Di Jakarta

Yusri menjelaskan, angka vaksinasi di Jakarta belum mencapai 100 persen karena ada warga yang tidak bisa divaksinasi dengan alasan khusus.

“Kalau kita persentase sekitar 99 persen lebih. Kenapa saya katakan 99 persen? Karena ada beberapa warga Jakarta yang memegang Kartu Tanda Penduduk Jakarta, tapi tinggalnya di luar negeri,” katanya.

Kemudian, ada warga Jakarta yang tinggal di luar Jakarta dan ada warga Jakarta yang belum bisa divaksinasi karena kesehatan. “Ini yang tidak bisa mencapai hingga 100 persen,” ujar Yusri.

Baca juga : Jokowi Tinjau Vaksinasi Dan Pabrik Porang Di Jawa Timur

Program Vaksinasi Merdeka adalah salah satu strategi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DKI Jakarta untuk mempercepat vaksinasi guna mewujudkan kekebalan kelompok 100 persen di Ibu Kota.

Bikin Repot

Kepala Perwakilan Ombudsman Jakarta Raya Teguh Nugroho mengatakan, melimpahnya stok vaksin dan banyaknya lokasi vaksinasi di Jakarta membuat Pemerintah Daerah (Pemda) penyangga repot. Sebab, Pemda setempat mesti mencatat kembali warganya yang mengikuti vaksinasi di Jakarta.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.