Dark/Light Mode

Tekan Penyebaran Covid, Mahasiswa UTA`45 Bagikan Masker, Hand Sanitizer Serta Edukaskan 5M

Jumat, 27 Agustus 2021 13:10 WIB
Tekan Penyebaran Covid, Mahasiswa UTA`45 Bagikan Masker, Hand Sanitizer Serta Edukaskan 5M

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka menekan penularan Covid-19, sebanyak 350 mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 (UTA’45) Jakarta dikerahkan untuk membagikan masker, hand sanitizer dan juga melakukan edukasi tentang pentingnya menjaga Protokol Kesehatan (Prokes) kepada masyarakat di sekitar kampus.

Hal ini dilakukan sebagai bagian dari Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan oleh kampus tersebut.

Rektor UTA’45 Jakarta Rajes Khana, menyatakan tema yang diambil dalam KKN kali ini adalah "Kampus Peduli Kemanusiaan" dan tema tersebut dipilih agar para mahasiswa semakin peduli dengan rasa kemanusiaan dimana saat ini masyarakat sedang mengalami masa pandemi.

Baca juga : Implementasikan Pancasila Dan Semangat Kebhinekaan Di Kampus

"Dalam KKN ini, mahasiswa diajarkan bagaimana membuat hand sanitizer yang memenuhi standar kesehatan sehingga mereka dapat memproduksinya secara masal untuk dibagikan kepada masyarakat," ujar Rajes, Jumat (27/8).

Rajes Khana, menambahkan pengerahan mahasiswa juga ditujukan untuk melakukan edukasi kepada masyarakat bagaimana pentingnya protokol kesehatan melalui program 5M agar bisa memutus mata rantai penyebaran Covid 19.

"Mahasiswa juga diminta melakukan edukasi bagaimana menjalankan 5M dengan baik, misalnya bagaimana mencuci tangan yang benar, menjaga jarak, memakai masker yang benar pada masyarakat sekitar kampus," ujarnya.

Baca juga : Gandeng JXB, Zipmex Berikan Makanan Sehat Buat Petugas PJLP

Sementara itu, Ketua Panitia Kuliah Kerja Nyata (KKN) UTA’45 Jakarta Samsul Ode, mengungkapkan ada beberapa titik tujuan yang menjadi target pembagian masker dan hand sanitizer serta edukasi kepada masyarakat, dan akan dilanjutkan ke hari-hari selanjutnya di daerah lainnya.

“Hari ini kami membagikan ke SMK Al Jihad Papanggo dan beberapa Kantor Karang Taruna DKI Jakarta di sekitar kampus, dan besok dan selanjutnya kami akan membagikannya di titik-titik lainnya," ujar Samsul, Jumat (27/8).

Sementara itu Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Tinggi UTA’45 Jakarta Rudyono Darsono menyambut baik pelaksanaan KKN ini karena mahasiswa adalah generasi penerus bangsa.

Baca juga : Bantu Tangani Covid-19, KSP Bagikan Masker Gratis Di Rawabadak

“Dimasa-masa sulit seperti sekarang ini, dimana pandemi Covid-19 telah merubah semua pola dan gaya hidup kita. Inilah saatnya sebagai anak-anak muda terdidik, mulai dapat memberikan sumbangsih secara langsung kepada masyarakat," ujar Rudyono. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.