Dark/Light Mode

Desakan Politisi PDIP Tina Toon

Usul Hak Interpelasi Untuk Anies Bisa Diparipurnakan

Sabtu, 28 Agustus 2021 06:50 WIB
Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan, Agustina Hermanto alias Tina Toon. (Foto: Istimewa)
Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan, Agustina Hermanto alias Tina Toon. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Mengenai tujuan interpelasi, Tina menyebut, ada tiga. Yakni, infromasi tentang arus pendanaan formula E, potensi pembatalan kegiatan balapan, dan upaya pengembalian fee yang telah dikeluarkan Pemprov DKI.

“Cancel event-nya, katanya (digelar) 2022. Balapan tidak membuat rakyat sedang susah jadi kenyang. Lalu pengembalian uang rakyat, fee-fee yang telah dikeluarkan ratusan miliar sampe triliun,” tandasnya.

Baca juga : DPR Desak Polisi Usut Tuntas Praktik Mafia Alkes Impor

Sementara Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengatakan, usulan interpelasi adalah hak anggota dewan. Ia berjanji akan segera menindaklanjutinya. “Menyerahkan tanda tangan PDI Perjuangan 25 orang dan PSI 8 orang dari sini saya terima dan ini harus ditindaklanjut, dibamuskan untuk dilaksanakan dalam paripurna,” katanya.

Sedangkan Ketua Fraksi Golkar DPRD DKI, Basri Baco menyatakan, fraksinya tak setuju dengan penggunaan hak interpelasi terhadap Gubernur Anies Baswedan terkait gelaran Formula E. Baginya, interpelasi hanya buang-buang waktu. “Golkar sudah pasti tidak ikut dalam interpelasi. Karena hanya nambah kerjaan dan buang-buang waktu,” jelasnya.

Baca juga : Chandra Asri Gandeng Sinar Mas Olah Sampah Plastik Untuk Aspal Jalan

Basri menyebut, seharusnya anggota dewan melaksanakan kewajibannya terlebih dahulu sebelum memakai haknya. Kini, hak interpelasi diajukan tapi banyak kewajiban tak dilakukan.

“Contoh, Kamis (26/8) ada rapat pimpinan gabungan. (Tapi) dari pagi jam 10 sampai siang belum mulai-mulai. Itu kan kewajiban kita, tapi teman-teman malah sibuk urusan interpelasi,” ujarnya. [SSL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.