Dark/Light Mode

Uji Coba WFO 100 Persen

Industri Di Jakarta Siap Hidup Bareng Covid-19

Minggu, 29 Agustus 2021 06:45 WIB
Ilustrasi <em>Work From Office</em> (WFO). (Foto: iStock/vichie81)
Ilustrasi Work From Office (WFO). (Foto: iStock/vichie81)

 Sebelumnya 
“Harus diperiksa apakah perusahaan yang tetap berjalan 100 persen sudah terjadi herd immunity atau belum. Karena perusahaan padat karya yang berorientasi ekspor seperti tekstil, garmen dan sepatu banyak buruhnya yang belum divaksin,” ungkapnya.

Perusahaan tersebut tetap beroperasi 100 persen karena mendapatkan Izin Operasional dan Mobilisasi Kegiatan Industri (IOMKI) Kementerian Perindustrian.

Baca juga : Diungkapkan BGS, Pemerintah Siapkan 3 Strategi Untuk Hidup Bareng Covid-19

Menurut Iqbal, demi keselamatan perusahaan yang akan menyelenggarakan WFH 100 persen, sebaiknya mencapai herd immunity terlebih dahulu.

KSPI mencatat, masih terjadi kematian akibat penularan Covid-19 di perusahaan.

Baca juga : Dua Pekan Ini, Jabar Bebas Zona Merah Covid-19

“Memang sudah menurun, tetapi masih ada. Dari data kami, tingkat kematian juga menurun. Yang tadinya rata-rata dalam dua minggu bisa 10-20 orang meninggal, sekarang 2-4 orang,” ujar Iqbal.

Seperti diketahui, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah melakukan uji coba penerapan protokol kesehatan pada industri yang tergolong sektor esensial, terutama yang berorientasi ekspor dan domestik serta padat karya. Langkah ini untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional secara inklusif.

Baca juga : Kunjungi Isoter Di Denpasar, Ganip Semangati Pasien Covid

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, apabila uji coba ini berhasil dilaksanakan dengan baik dan tidak terjadi kasus positif Covid-19, pihaknya akan mengizinkan semua sektor industri di Jawa-Bali beroperasi kembali. [OSP]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.