Dark/Light Mode

Pamer Capaian Vaksin

Anies: Jakarta 105% Tetangga Baru 15%

Minggu, 29 Agustus 2021 07:55 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat acara Kongres Nasional II Keluarga Alumni Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KA KAMMI) di Jakarta, Sabtu (28/8/2021). (Foto: Istimewa)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat acara Kongres Nasional II Keluarga Alumni Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KA KAMMI) di Jakarta, Sabtu (28/8/2021). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
“Vaksinasi dikerjakan memang di bulan ini, tapi persiapannya itu kita bangun sistemnya sejak tahun lalu,” ujar Anies dengan bangga.

Selanjutnya, Pemprov DKI juga membangun sistem pelayanan kesehatan bagi pasien Covid-19 dan tenaga kesehatan. Mulai dari sistem inventori, distribusi masker dan alat pelindung diri, yang sasarannya hingga ke sub pelayanan kesehatan terkecil seperti Puskesmas. Sekaligus dipadukan dengan sistem vaksinasi.

Baca juga : Gencarkan Vaksinasi Massal, MRT Jakarta Sabet Penghargaan

“Orangnya disiapkan, sistem monitoring disiapkan bertahap. Ketika kemudian ditambahkan dengan tugas vaksinasi, cepat,” pamer Anies.

Dia bilang, DKI punya lebih dari 300 puskesmas. Setahun ini bekerja aktif menanggulangi pandemi. Makanya DKI bisa menyuntikan vaksin lebih dari 200 ribu orang per hari.

Baca juga : Dijekar KKP, Kapal Vietnam Terbakar Dan Tenggelam

“Sehingga sekarang kalau ditanya target vaksinasi Jakarta, kita sudah 105 persen tercapai itu terlampaui, sementara tetangga ada yang masih 15, ada yang 20 persen,” bebernya.

Terkait dengan vaksinasi daerah tetangga, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengaku tidak bisa membantu vaksinasi di luar wilayahnya. Karena aturannya begitu. “Problemnya adalah kami nggak boleh masuk yang bukan wilayah DKI dan tapi kita koordinasi dan lain dikerjakan,” ungkap dia.

Baca juga : Perlu Tahu, Q&A Seputar Vaksinasi Moderna Di Jakarta

Berdasarkan data Pemprov DKI, jumlah warga Ibu Kota yang sudah divaksin tahap pertama mencapai 9.554.298 orang. Sedangkan yang sudah disuntik dosis kedua ada 5.317.949 orang. Bahkan, berdasarkan data Kementerian Kesehatan, vaksinasi dosis pertama di DKI mencapai 116,9 persen. Kalau dosis kedua 67,02 persen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.