Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Buka JaKreatiFest 2021

Anies: Sektor Kreatif Topang Pemulihan Ekonomi Nasional

Senin, 30 Agustus 2021 14:57 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat Opening Ceremony JaKreatiFest, Senin (30/8). (Foto: Ist)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat Opening Ceremony JaKreatiFest, Senin (30/8). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan, Ibu Kota menjadi unsur penting pemulihan ekonomi. Karena provinsi ini memiliki kontribusi besar terhadap perekonomian nasional.

"Jakarta merupakan provinsi yang punya kontribusi cukup besar di perekonomian Indonesia dan ini menjadi unsur penting jika kita bicara pemulihan Indonesia," kata Anies Baswedan saat Opening Ceremony JaKreatiFest, Senin (30/8).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Jakarta masih menjadi kontributor terbesar terhadap perekonomian nasional. Terbukti pada kuartal II-2020, Jakarta berkontribusi sebesar 17 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), disusul Jawa Timur dan Jawa Barat.

Baca juga : Tinjau Pabrik Gula, Kemenperin: Sektor Kritikal Berperan Penting Pulihkan Ekonomi

"Salah satu sektor penunjang yang penting adalah sektor kreatif," tandas Anies.

Anies pun berharap sektor kreatif terutama Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan pariwisata bisa semakin didorong pertumbuhannya. Salah satunya lewat wadah seperti penyelenggaraan Jakarta Kreatif Festival (JaKreatiFest) yang digelar oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPW BI) Provinsi DKI Jakarta.

Anies yakin dengan digelarnya JaKreatiFest, UMKM dan industri ekonomi kreatif dan pariwisata di DKI Jakarta bisa makin menggeliat. Sehingga berkontribusi positif bagi perekonomian.

Baca juga : PUPR Yakin Sektor Perumahan Mampu Genjot Perekonomian Nasional

"Kami sampaikan apresiasi ke Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jakarta dalam pengendalian inflasi dan mendorong pertumbuhan investasi, pertumbuhan ekonomi termasuk pengembangan UMKM. Semua kegiatan ini adalah bagian dari ikhtiar menggerakkan itu. Semoga semakin berdampak positif bagi UMKM dan industri pariwisata," harapnya.

Anies menanbahkan pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta pada triwulan II-2021 yang berada pada zona positif sebesar 10,9 persen. Ini menjadi sinyal menuju pemulihan ekonomi. Dia pun mendorong momentum tersebut dapat dimanfaatkan, termasuk pelaku usaha.

Berdasarkan data BPS DKI Jakarta pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta pada triwulan II-2021 mencapai 10,9 persen atau tumbuh positif setelah pada periode sama 2021 kontraksi 8,33 persen. BPS mencatat Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) DKI Jakarta pada triwulan II-2021 mencapai Rp 721,5 triliun.

Baca juga : Airlangga: Kolaborasi Kunci Pemulihan Ekonomi Nasional

Salah satu strategi yang kini digencarkan Pemprov DKI Jakarta adalah vaksinasi. Sebab, ini dinilai menjadi salah satu solusi dalam pemulihan ekonomi dari dampak pandemi Covid-19.

"Vaksinasi menjadi sesuatu yang penting. Ini menjadi game changer dan kami harap gerakan vaksinasi ini bisa segera tuntas," imbuhnya.

Saat ini, vaksinasi di Jakarta untuk dosis pertama telah mencapai 107,7 persen per 29 Agustus 2021 mencapai 9,6 juta dari sasaran 8,9 juta orang. Sedangkan vaksinasi dosis kedua sudah mencapai 61,6 juta atau 5,5 juta orang. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.