Dark/Light Mode

Dukung PTM, DKI Operasikan 70 Bus Sekolah

Ingat, Siswa Nggak Boleh Ngobrol, Makan Dan Minum

Rabu, 1 September 2021 06:45 WIB
Siswa mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas di SMK Daarussalam Jalan Mohamad Kahfi II, Jakarta, Senin (30/8/2021). (Foto: Rizki Syahputra/RM)
Siswa mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas di SMK Daarussalam Jalan Mohamad Kahfi II, Jakarta, Senin (30/8/2021). (Foto: Rizki Syahputra/RM)

 Sebelumnya 
“Sebanyak 16 unit bus sekolah tersedia selama PTM Terbatas di Jakarta Utara. Untuk dapat menaikinya, siswa wajib mengikuti aturan yang berlaku selama di dalam bus,” tulis akun ini.

Akun ini juga mengunggah kegiatan pelaksanaan prokes. Petugas memeriksa suhu siswa yang hendak naik bus. Kemudian, penerapan jaga jarak di dalam bus.

Baca juga : Dukung Pemerintah, KAI Integrasikan Aplikasi Peduli Lindungi Dengan Sistem Boarding

Kepala Unit Pengelola Angkutan Sekolah Dinas Perhubungan DKI, Ali Murthadho mengungkapkan, sejauh ini, pihaknya mengoperasikan 70 unit bus sekolah gratis. Bus itu melayani 20 rute reguler dan 13 rute zonasi.

“Bus tersebut bersiaga di titik keberangkatan dengan menyesuaikan waktu pembelajaran,” ungkap Ali dalam keterangannya kepada wartawan, kemarin.

Baca juga : Dukung UMKM, BSI Gulirkan Program Beasiswa Wirausaha Muda Muslim

Ali memaparkan, kapasitas bus sekolah dibatasi hanya 50 persen. Setiap bus maksimal berisi 15 penumpang. Ditegaskannya, prokes dijalankan dengan ketat di dalam bus. Setiap penumpang wajib menggunakan masker, membersihkan tangan dengan hand sanitizer dan pengukuran suhu tubuh.

“Siswa nggak boleh ngobrol atau makan dan minum. Setiap bus akan diawaki dua petugas yang akan memantau siswa agar taat protokol kesehatan,” tegasnya.

Baca juga : Pastikan Ke PSG, Donnarumma Nggak Sabar Main Bareng Messi

Bus sekolah yang beroperasi di seluruh wilayah DKI Jakarta terdiri dari tipe bus sedang dan kecil. Di antaranya, di Jakarta Utara, untuk bus sekolah sedang terdiri dari rute Plumpang-Sunter-Kemayoran (rute dua). Lalu rute Cilincing-Plumpang-Perintis Kemerdekaan (rute sembilan), rute Rusun Muara Baru Pluit-Grogol (rute enam belas), dan rute Rusun Muara Baru Pluit-Bandengan Muara Angke atau Kali Adem (rute tujuh belas).

Sedangkan tipe bus sekolah kecil terdiri dari rute Rorotan-Marunda (zonasi sembilan), rute Rusunawa Marunda-Cilincing (zonasi sepuluh), rute Rusun Kapuk Muara-Jembatan Lima-Cideng (zonasi sebelas), dan rute Rusun Rawa Bebek-Rorotan (zonasi 12).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.