Dark/Light Mode

DKI Zero Zona Merah

Anies Tetap Kalem

Rabu, 8 September 2021 07:50 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Dok. Pemprov DKI Jakarta)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Dok. Pemprov DKI Jakarta)

 Sebelumnya 
Sasaran penyuntikan vaksin di daerahnya bukan hanya penduduk ber-KTP DKI. Karena masih ada sekitar 2,7 juta warga berdomisli di daerahnya yang juga harus divaksin. “Sehingga kami akan menggencarkan vaksinasi ini di Jakarta dengan keterlibatan berbagai unsur,” ungkap Anies.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan, pencapaian itu juga sekaligus peringatan agar tidak lengah dan tetap menerapkan prokes. “Kita pasti akan kembali ke zona merah, jika kita tidak disiplin dan jangan sampai menjadi pemicu naiknya kasus kembali,” kata Riza dikutip dari Instagram pribadinya @arizapatria, Senin (6/9).

Karenanya, dia meminta warganya untuk tetap berada di rumah. Karena rumah merupakan tempat terbaik dalam menjaga kesehatan dan keselamatan warga.

Baca juga : PPKM Turun Level, Senang Tapi Tetap Tak Boleh Lengah

“Sekalipun penurunan sudah cukup baik, kami minta masyarakat tetap berada di rumah,” terang Riza.

Status Jakarta yang nihil zona merah mendapatkan pujian dari berbagai kalangan. Wakil Ketua DPRD DKI, Abdurrahman Suhaimi mengaku bangga atas capaian Jakarta saat ini. Namun, dia meminta agar warga Jakarta untuk tidak merayakan euforia berlebihan terkait capaian yang baik ini.

“Tapi harus tetap tenang karena masyarakat harus tetap diarahkan dan diayomi. Peluang-peluang ekonomi juga harus segera dipulihkan, diberikan stimulus dan kemudahan,” tutur politisi PKS itu kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Meriam London Tetap Meredup

Politisi partai NasDem Bestari Barus menilai, proses untuk memperoleh zero zona merah tidak instan. Apalagi Jakarta adalah kota tersibuk di Indonesia. Setiap harinya banyak masyarakat hilir mudik menggantungkan nasib di Ibu Kota.

“Ini tentu menjadi tantangan yang cukup berat dalam menangani dan memutus rantai penyebaran,” cetus Bestari kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Menurutnya, kerja keras Anies sebagai leader di Jakarta, mampu memaksimalkan penanganan pandemi dengan melibatkan berbagai kalangan. Termasuk ikut memberdayakan masyarakat hingga ke tingkat RT. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.