Dark/Light Mode

Uji Coba Bus Listrik, Transjakarta Gratiskan Penumpang Rute Blok M-Balai Kota Selama 3 Bulan

Sabtu, 11 September 2021 11:09 WIB
Bus listrik Transjakarta. (Foto: Istimewa)
Bus listrik Transjakarta. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Direktur Utama PT Transjakarta, Sardjono Jhony Tjitrokusumo mengatakan, uji coba ini sebagai tindaklanjut dari penandatangan nota kesepahaman atau MoU antara PT Transjakarta bersama PT HMI yang telah dilaksanakan pada 1 September 2021.

"Hari ini kita sudah bisa melakukan uji coba bus listrik. Kami tetap melakukan pembatasan pelanggan yakni maksimal diisi 25 penumpang termasuk yang berdiri," ujarnya.

Baca juga : Penumpang Berdesakan, Prokes Susah Diterapkan

Lebih lanjut Jhony mengatakan proses uji coba lakukan sebagai salah satu tahapan dalam upaya merealisasikan rencana penggunaan bus listrik yang lebih ramah lingkungan.

"Semua armada konvensional Transjakarta secara bertahap akan beralih menggunakan armada listrik. Berbagai layanan uji coba kendaraan listrik sudah kami mulai sejak tahun lalu," ungkapnya.

Baca juga : BUMN Transportasi Kompak Pake Aplikasi PeduliLindungi

Jhony mengatakan uji coba ini diharapkan bisa menjadi langkah kecil untuk lompatan besar di sektor transportasi massal di masa depan, seperti emisi rendah atau bahkan nol.

Hal ini tentunya dapat mengurangi polusi udara, mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap impor BBM dan pada akhirnya bisa menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi kendaraan listrik dan baterai.

Baca juga : Hari Raya Idul Adha, Transjakarta Sesuaikan Layanan Dan Waktu Operasional

"Kita ingin ini bisa memperkuat ekosistem kendaraan listrik di negara kita, menginspirasi banyak orang untuk beralih pada kendaraan listrik berbagai jenis dan memotivasi masyarakat untuk semakin mencintai transportasi publik kita," ujar Jhony. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.