Dark/Light Mode

Rotary Club of Jakarta Cinere Bantu Pemerintah Tumpas Kasus Stunting

Kamis, 7 Oktober 2021 16:16 WIB
Rotary Club of Jakarta Cinere memberikan penjelasan fungsi kalender 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) dan kalendar gizi. (Foto: Rotary Club)
Rotary Club of Jakarta Cinere memberikan penjelasan fungsi kalender 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) dan kalendar gizi. (Foto: Rotary Club)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rotary Club of Jakarta Cinere (RCJCinere) bekerja sama dengan Kecamatan Cinere menyelenggarakan Launching Program Nasional “Ayo Berantas Stunting" pada Rabu (6/10).

Acara tersebut dihadiri IPDG Roziana Wiguna dari District 3410, Presiden Club Evy Indriani, serta Rotarian RCJCinere yang memberikan bantuan asupan gizi kepada sekitar 250 orang ibu hamil dan anak balita, hingga Mei 2022.

Stunting merupakan kondisi pertumbuhan fisik anak yang terhambat, akibat kurangnya asupan gizi atau kehamilan berisiko.

Baca juga : Syarief Hasan Apresiasi Pemerintah Berhasil Kendalikan Pandemi

Rotary yang berkiprah di bidang kemanusiaan dan sosial, berusaha untuk membantu meningkatkan mutu SDM dengan mencoba menekan angka stunting.

Kontribusi yang diberikan Rotary melalui RCJCinere ini, diharapkan dapat memberikan bantuan terhadap kualitas SDM Indonesia.

Dalam acara tersebut, RCJCinere menyerahkan bantuan alat timbang berat badan bayi, alat timbang berat badan dan mistar tinggi badan anak, kalendar 1.000 HPK, serta kartu sehat untuk memonitor pertumbuhan anak dan kesehatan ibu hamil.

Baca juga : Teluk Jakarta Tercemar Obat, KLHK Mau Panggil Perusahaan Farmasi

Monitoring ini akan dilakukan oleh para kader posyandu setempat yang sudah terlatih.

Selain bantuan rutin asupan gizi hingga Mei 2022, RCJCinere juga amemberikan pelatihan ketahanan pangan. Sehingga, keluarga stunting dan ibu hamil mampu menyediakan pangan dari rumahnya, secara mandiri.

Pihak kecamatan Cinere yang diwakili oleh Camat Arum Sari Prasetyowati, memberikan apresiasi kepada RCJCinere. Arum berharap, bantuan ini dapat mengurangi kasus anak stunting di Kecamatan Cinere.

Baca juga : Kontaminasi Paracetamol Di Teluk Jakarta Perlu Penelitian Lebih Lanjut

Selain didukung oleh Rotary District 3410, RCJCinere juga di dukung oleh berbagai sponsor yaitu Sasa, Packet Systems, Energen Indonesia, ABC yang memberikan bantuan asupan makanan dan minuman bergizi berupa, susu, yogurt, oatmeal, minuman, dan kotak makan siang.

President RCJCinere, Evy Indriani dalam sambutannya menyampaikan bahwa

"Anak-anak sebagai penerus bangsa, merupakan hal penting yang menjadi perhatian RCJCinere. Kegiatan Ayo Berantas Stunting ini, diharapkan dapat membantu menekan angka stunting di Kecamatan Cinere," kata President RCJ Cinere, Evy Indriani. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.