Dark/Light Mode

Bioskop Di Jakarta Boleh Buka 50 Persen Kapasitas

Rabu, 15 September 2021 17:46 WIB
Suasana di dalam bioskop saat uji coba pembukaan sebelum gelombang kedua pandemi Covid-19 berapa waktu lalu. (Foto: Ist)
Suasana di dalam bioskop saat uji coba pembukaan sebelum gelombang kedua pandemi Covid-19 berapa waktu lalu. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengizinkan bioskop beroperasi dengam kapasitas maksimal 50 persen pada perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3. Namun, pembukaan ini sifatnya masih uji coba.

Aturan terbaru itu tertuang dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) DKI Nomor 1096 Tahun 2021 tentang PPKM Level 3 pada 14-20 September 2021 yang ditandatangani Anies, 13 September 2021. Salah satu aturannya berisi soal uji coba pembukaan bioskop.

Berita Terkait : Nonton Di Bioskop Masih Ngeri-ngeri Sedap

Selain kapasitas maksimal 50 persen, dalam Kepgub tersebut mengatur pengunjung yang diperbolehkan masuk bioskop. Yakni yang memiliki kategori hijau dalam aplikasi PeduliLindungi.

Pengelola bioskop wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk memeriksa atau menskrining semua pengunjung dan pegawai.

Berita Terkait : Kamis, 400-an Bioskop Di Jakarta Mulai Buka

Aturan berikutnya, pengunjung dengan usia kurang dari 12 tahun dilarang masuk. Pengunjung jufa dilarang makan dan minum selama di area bioskop. Artinya gerai makanan dan minuman pun masih belum boleh beroperasi.

Selanjutnya, pengunjung wajib mengikuti Protokol Kesehatan (Prokes) yang diatur oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kementerian Kesehatan. Daftar perusahaan yang akan mengikuti uji coba ini ditentukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Berita Terkait : Sayap-sayap Dan Tukang Bubur

"Tidak henti-hentinya saya mengingatkan kepada semuanya, jangan lengah, tetap saling menjaga, melindungi, kompak disiplin Prokes. Bagi yang belum vaksin, mari segera ikuti vaksinasi," imbau Anies. [FAQ]