Dark/Light Mode

Soal Banjir

Anies Pamer Rapor Biru

Sabtu, 30 Oktober 2021 08:58 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) saat mengecek pengerukan lumpur untuk mengantisipasi banjir. (Foto: Twitter @aniesbaswedan)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) saat mengecek pengerukan lumpur untuk mengantisipasi banjir. (Foto: Twitter @aniesbaswedan)

 Sebelumnya 
Mantan Rektor Universitas Paramadina ini lalu memuji kerja keras jajaran Pemprov DKI dalam menangani banjir. Seperti melakukan pengerukan sedimen kali, sungai, dan waduk, serta perbaikan saluran air.

Banyak lagi program penanggulangan banjir yang dibeberin Anies. "Sekarang, petugas lurah, camat, BPBD, itu semua punya target 6 jam kering, apa pun kondisinya," tegas Anies.

Baca juga : Aboe Bakar PKS Dukung Sikap Tegas Kapolri

Paparan Anies ini diamini DPRD DKI. Sekretaris Fraksi PAN DPRD DKI, Oman Rohman Rakinda menyebut, meskipun belum sempurna, penanganan banjir di DKI sudah membaik. Dia hanya berpesan, Anies perlu meningkatkan kapasitas tampung air dari beberapa sungai, drainase, waduk dan embung yang ada. 

"Tahun ini, sejak Maret 2021 gerebek lumpur dilakukan secara massif. Tujuannya, mengeruk sedimentasi lumpur dan sampah juga melancarkan sumbatan saluran air karena sampah," jelas Oman. 

Baca juga : Tok, Barca Resmi Pecat Ronald Koeman

Sekretaris Fraksi Gerindra DPRD DKI, Purwanto tak segan memuji Anies. Dia memandang, Anies mampu mengkondisikan jajarannya dalam penanganan banjir. "Rapor biru pantas disematkan ke Pemprov DKI dalam penanganan banjir," ujar Purwanto, saat dihubungi Rakyat Merdeka, kemarin. 

Sementara, pengamat tata kota dari Universitas Trisakti, Nirwono Yoga justru meragukan semua klaim Anies. Bahkan, dia bertanya-tanya, Anies mendapat bisikan dari mana bisa menyelesaikan banjir selama sehari. 

Baca juga : Mawar De Jongh, Akui Pacar Bryan

"Dihitungnya dari mana? Kalau hujannya berhari-hari pada puncak musim hujan nanti, kalaupun Jakarta tidak, tapi Bodetabek hujan lebat, juga akan berdampak banjir ke Jakarta. Tidak akan dapat reda/atau surut dalam sehari. Gubernur tidak bisa melawan alam," ucap Yoga, kepada Rakyat Merdeka. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.