Dark/Light Mode

Banjir Tak Hanya Di Jakarta

Yang Digoyang Kok Cuma Anies

Kamis, 4 November 2021 09:10 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) saat meninjau pengerukan lumpur di kali untuk mengantisipasi banjir. (Foto: Twitter @aniesbaswedan)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) saat meninjau pengerukan lumpur di kali untuk mengantisipasi banjir. (Foto: Twitter @aniesbaswedan)

 Sebelumnya 
Bupati Kudus, Hartopo membenarkan dugaan tersebut. Dia mengaku sudah mengecek langsung Pegunungan Kendeng dengan pantauan udara. Hasilnya, kawasan tersebut sudah gundul. "Sehingga, wajar curah hujan tinggi menyebabkan banjir bandang," kata Hartopo, di Kudus, kemarin.

Di luar Jawa, banjir melanda sejumlah titik di Kota Medan. Seperti Kelurahan Timbang Deli, Kecamatan Medan Amplas, dan Kelurahan Titi Kuning, Kecamatan Medan Johor. Banjir diakibatkan hujan deras yang turun pada Minggu malam sementara drainase mampet.

Baca juga : Barca Ditahan Alaves, Aguero Dilarikan Ke Rumah Sakit

Sampai kemarin, air masih menggenang puluhan rumah warga di Jalan Brigjen Katamso, Gang Pembangunan, Kelurahan Titi Kuning, Kecamatan Medan Johor. Padahal, petugas dari Dinas Pekerjaan Umum sudah melakukan penyedotan. Akibat banjir ini, 40 rumah terendam. Warga pun mengungsi.

Akibat banjir ini, Wali Kota Medan, Bobby Nasution mencopot Abidin dari jabatan Kepala UPT Operasional, Pemeliharaan Jalan, dan Drainase (OPJD) Dinas Pekerjaan Umum (PU) Medan Kota. Abidin dicopot sejak Senin (1/11). Bobby mengaku kecewa terhadap kinerja anak buahnya itu.

Baca juga : ICW Dan KontraS Nggak Setuju Jaksa Agung Terapkan Hukuman Mati

"Ini sebagai pelajaran agar serius bekerja, tidak main-main. Apalagi soal drainase. Saya sangat concern mengatasi persoalan banjir. Jadi, pejabat saya jangan berleha-leha," kata menantu Presiden Jokowi ini, kemarin.

Meski banjir tak cuma di Jakarta, kepala daerah yang ramai disorot hanya Anies. Sejumlah influencer seperti Guntur Romli dan Ferdinand Hutahaean melontarkan kritik pedas ke Anies atas masalah banjir di Ibu Kota.

Baca juga : Wilayah Karangasem Bali Digoyang Gempa M3,5

Di akun Twitter @GunRomli, Guntur menyoal banjir yang yang merendam 13 RT di Jakarta. Padahal, kata dia, sekarang baru November. "Gimana nanti Desember, Januari dan Februari. Anies gagal total ngurus Jakarta, malah Jakarta makin rusak di tangan Anies!" kicaunya.

Banyaknya serangan ke Anies ini bikin sebagian warganet heran. Seperti akun @artbyca. Dia heran banyak yang menghina Anies. Sebagai orang Jakarta, dia merasa kerja Anies sudah oke. "Kalau masalah banjir mah dari dulu juga banjir," ujarnya. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.