Dark/Light Mode

Kemacetan di Ibu Kota Meningkat

Warga Ragu Gunakan KRL Dan Transjakarta

Minggu, 7 November 2021 07:05 WIB
Ilustrasi sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di Jakarta. (Foto: Tedy Kroen/RM)
Ilustrasi sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di Jakarta. (Foto: Tedy Kroen/RM)

 Sebelumnya 
Perluasan Ganjil Genap

Kepala Subdirektorat Penegakan Hukum (Subdit Gakkum) Polda Metro Jaya, AKBP Argo Wiyono juga mengungkapkan, mobilitas warga di Jakarta juga semakin tinggi sejak pelonggaran PPKM. Pihaknya berencana memperluas pembatasan kendaraan sistem Ganjil Genap di 25 ruas jalan. Meskipun begitu, Polda Metro Jaya masih akan melihat tren peningkatan indeks kemacetan. Perluasan tersebut akan diberlakukan jika peningkatan tembus 40 persen.

“Selama seminggu ini kalau kami indeks mobilitas meningkat pesat, pekan depan kami bisa melakukan normalisasi 25 titik Ganjil Genap kembali sesuai Pergub nomor 88,” ujar Argo Wiyono, kemarin.

Baca juga : Pekan Ini, Polisi Umumkan Tersangka Kasus Tabrakan Bus TransJakarta Di Cawang

Namun, lanjut Argo, rencana ini akan dibahas dengan stakeholder lain. Seperti, Dinas Perhubungan DKI Jakarta. “Karena mulai macet, orang ke kantor 15 menit jadi setengah jam. Yang biasanya kecepatan 60 kilometer (km) per jam jadi 30 km per jam. Bahkan, melambat hingga 20 km per jam. Perlambatannya signifikan. Tapi nanti kami koordinasi dulu dengan Pemprov DKI,” tambahnya.

Sebagai informasi, saat ini Ganjil Genap berlaku di 13 kawasan. Yakni, di Jalan Sudirman, Jalan MH Thamrin, Jalan HR Rasuna Said, Jalan Fatmawati, Jalan Panglima Polim, Jalan Sisimgangaraja, Jalan MT Haryono, Jalan Gatot Subroto, Jalan S Parman, Jalan Tomang Raya, Jalan Gunung Sahari, Jalan DI Panjaitan, dan Jalan Ahmad Yani.

Tetap Di Rumah

Baca juga : Bamsoet Beri Penghargaan Ke Nakes Dan Relawan Vaksinasi

Wakil Gubernur (wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengimbau warga Ibu Kota untuk tetap di rumah sekalipun, Jakarta sudah memasuki PPKM Level 1.

“Kerumunan dan interaksi di luar rumah memicu terjadinya gelombang ketiga,” ungkapnya.

Wagub mengimbau warga Jakarta menerapkan 3 hal terkait untuk mencegah lonjakan Covid-19. Pertama, tetap diam di rumah. Kedua, memakai masker dan protokol kesehatan. Ketiga, mendapatkan vaksin Covid-19. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.