Dark/Light Mode

Tak Hanya Harmonis

Di Jakarta, Wagub Tameng Gubernur

Minggu, 14 November 2021 07:50 WIB
Hubungan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria sangat harmonis. (Foto: Antara)
Hubungan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria sangat harmonis. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hubungan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria sangat harmonis. Saking harmonisnya, Riza sering jadi tameng Anies saat digempur serangan lawannya.

Kedekatan Anies dan Riza bukan baru-baru ini terjadi. Keduanya sudah dekat sejak Anies jadi calon Gubernur DKI Jakarta pada 2017 lalu. Saat itu, Anies berpasangan dengan politisi Gerindra Sandiaga Uno.

Baca juga : Di Papua, Jokowi Belanja Kerajinan Di Pasar Noken Taman Imbi

Di 2019 hubungan keduanya kian erat, karena Anies mendukung Prabowo-Sandi maju di Pilpres 2019. Hubungan keduanya makin lengket, saat Riza terpilih jadi pengganti Sandi sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Kedua terlihat saling melengkapi dan harmonis.

Bahkan Riza pun sering menjadi tameng Anies. Misalnya yang terbaru soal persoalan Formula E. Ketika Anies terus diserang, Riza maju sebagai pembela.

Baca juga : Lahirkan Inovasi, Dua Bupati Ini Diganjar Penghargaan Dari Plt Gubernur Sulsel

Di kasus banjir juga sama. Saat sejumlah wilayah Jakarta banjir, Riza yang tampil terdepan menghadapi para haters Anies. Sampai urusan pro kontra reuni Persaudaraan Alumni 212, Riza juga yang berani jadi tameng.

Tekad Riza cuma satu, membantu Anies dalam menyelesaikan seluruh persoalan DKI. Riza juga sangat menghormati Anies. Bahkan dia mengangkat Anies sebagai anggota kehormatan Komando Nasional Resimen Mahasiswa Indonesia.

Baca juga : Apresiasi Langkah Kooperatif Pemprov DKI Jakarta, KPK Telaah Dokumen Soal Formula E

Pengamat Politik dari Universitas Paramadina, Arif Susanto mengatakan, lebih seringnya Riza tampil di media ketimbang Anies hanya terkait perbedaan tugas. Anies lebih bermain dalam konteks strategis, sedang Riza dalam konteks teknis.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.