Dark/Light Mode

Cek Di Sini, Tinggi Badan Minimal Untuk Sekolah Kedinasan, Lulusannya Langsung Jadi CPNS

Sabtu, 25 Maret 2023 07:35 WIB
Presiden Jokowi saat Pelantikan Pamong Praja Muda IPDN. (Foto: Instagram)
Presiden Jokowi saat Pelantikan Pamong Praja Muda IPDN. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekolah Kedinasan yang berada di bawah kementerian atau lembaga tinggi negara, masih laris manis di kalangan siswa yang baru saja lulus SMA sederajat.

Daya pikatnya, apalagi kalau bukan tawaran ikatan dinas, yang memastikan lulusannya langsung menjadi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) atau Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Selain mensyaratkan kemampuan akademis yang baik, mayoritas Sekolah Kedinasan juga menetapkan tinggi badan minimal untuk calon mahasiswa atau tarunanya. 

Hanya ada dua Sekolah Kedinasan, yang tidak mensyaratkan tinggi badan. Yakni Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) di bawah Kementerian Keuangan, dan Politeknik Statistika Sekolah Tinggi Ilmu Statistika (STIS) di bawah Badan Pusat Statistik (BPS).

Baca juga : Ini Dia, Daftar Sekolah Kedinasan Yang Lulusannya Langsung Jadi CPNS

Pendaftaran Sekolah Kedinasan, umumnya dibuka pada bulan April.

Berikut daftar Sekolah Kedinasan yang mensyaratkan tinggi badan:

1. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di bawah Kementerian Dalam Negeri. Tinggi badan minimal pria, 165 cm. Wanita minimal 155 cm.

2. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) di bawah Badan Intelijen Negara (BIN). Tinggi badan minimal pria 165 cm, wanita 160 cm.

Baca juga : Srikandi Ganjar NTT Bawa Bantuan Untuk Korban Bencana Longsor Takari

3. Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG) di bawah Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Tinggi badan minimal pria 160 cm, wanita 155 cm, berat badan seimbang.

4. Politeknik Siber dan Sandi Negara (SSN) di bawah Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Tinggi badan minimal 165 cm, berat badan seimbang.

5. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM). Tinggi badan minimal pria 170 cm, wanita 160 cm, berat badan seimbang.

6. Politeknik Imigrasi di bawah Kementerian Hukum dan HAM. Tinggi badan minimal pria 170 cm, wanita 160 cm, berat badan seimbang.

Baca juga : Kedamaian Di Langit Bulgaria

7. Sekolah Dinas Kementerian Perhubungan. Tinggi badan minimal pria 160 cm, wanita 155 cm. 

Khusus Program Studi D-IV Penerbangan, minimal 163 cm. 

Sedangkan untuk Program Studi D-III PKP / PPKP / OBU / MBU OPU dan D-III Manajemen Transportasi Perkeretaapian (MTP) Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun, tinggi badan minimal pria 165 cm, wanita 160 cm. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.