Dark/Light Mode

Hima Persis Gelas Muspimnas II di Kepri, Usung Tema Penguatan Ekonomi

Jumat, 22 Desember 2023 10:47 WIB
Ketua Umum PP Hima Persis Ilham Nurhidayatullah (Foto: Istimewa)
Ketua Umum PP Hima Persis Ilham Nurhidayatullah (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pimpinan Pusat Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (PP Hima Persis) membuka gelaran agenda Musyawarah Pimpinan Nasional (Muspimnas) II, di Aula Majid Raya Dompak, di Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau (Kepri), Kamis (21/12). Agenda Muspimnas II Hima Persis ini berlangsung pada 20-23 Desember 2023.

Pada perhelatan Muspimnas II ini, PP Hima Persis mengusung tema “Transformasi Hima Persis: Menuju Penguatan Ekonomi dan Keberlanjutan Pembangunan”. Melalui tema ini, diharapkan agenda perhelatan Muspimnas II Hima Persis menjadi wahana pertemuan ide para pengurus dalam merumuskan kemajuan organisasi.

Ketua Umum PP Hima Persis Ilham Nurhidayatullah menyampaikan, pada periode ini, pihaknya membawa ide untuk mewujudkan transformasi Hima Persis. Dalam mendukung perwujudan ide tersebut, pihaknya menggagas program Hima Persis Preuner, yang merupakan wahana untuk mengembangkan ide dan usaha kader. Sehingga para kader Hima Persis mampu mandiri dan berdaulat secara ekonomi.

Baca juga : Persib Vs Bali United, Maung Bandung Terganggu Catatan Buruk

"Selain agenda Hima Persis Preuner, program lain yang digagas Hima Persis adalah Madrasah Maritim. Melalui agenda tersebut, Hima Persis menjadikan ruang perkembangan kader dalam menghadapi masalah maritim, dengan mendukung perwujudan ekonomi biru (blue economy) yang dilengkapi pendekatan khas kemaritiman, ke-Islaman dan kebangsaan,” ujar Ilham.

Ketua Umum PP Persis Jeje Zaenudin memberikan pesan, dalam bertransformasi, Hima Persis harus matang. Layaknya kupu-kupu, jika tidak matang pertumbuhannya, akan mati di dalam kepompongnya, dan tidak akan sempurna pertumbuhannya menjadi kupu-kupu yang indah.

"Maka Hima Persis haruslah matang sehingga mampu bertransformasi sempurna sehingga mampu memberikan manfaat bagi jamaah, umat, dan bangsa Indonesia,” ujarnya.

Baca juga : PP Hima Persis Akan Gelar Muspimnas II di Kepri, Ini Alasannya

Pada perhelatan Muspimnas II Hima Persis dihadiri Kepala Dinas Kebudayaan Kepulauan Riau HM Juramadi Esram. Dia sekaligus membuka agenda Muspimnas II Hima Persis.

"Pemprov Kepulauan Riau menyambut baik pelaksanaan Muspimnas II Hima Persis, dan berharap gerakan-gerakan Hima Persis ke depannya mampu memberikan dampak positif bagi bangsa," ucapnya.

Mensesneg Prof Pratikno turut memberikan pesan bagi para peserta Muspimnas II Hima Persis. Melalui video tapping, Pratikno memberikan pesan agar melalui perhelatan Muspimnas II Hima Persis ini mampu mendorong pencapaian Indonesia Maju.

Baca juga : Cerita Ganjar Maju Jadi Capres, Awalnya Diskusi Panjang Dengan Jokowi

Pembukaan Muspimnas II Hima Persis juga turut dihadiri para tamu undangan dari PP Persis, Lembaga Adat Melayu (LAM) Kepulauan Riau, Kodim 0315/Tanjung Pinang, Korem 033/Wira Pratama, Kogabwilhan I, Polres Bintan, Dispora Bintan, Direktur Poltekkes Kemenkes Tanjungpinang, dan para tamu undangan lainnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.