Dark/Light Mode

Ini Tips Mahasiswa Teknik Dirgantara ITB Bisa Kuliah Exchange 6 Bulan Di Belanda

Jumat, 16 Februari 2024 17:50 WIB
Suasana perkuliahan di University of Twente UT, Belanda. (Foto: ITB)
Suasana perkuliahan di University of Twente UT, Belanda. (Foto: ITB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Seorang mahasiswa dari Program Studi Teknik Dirgantara angkatan 2020, Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara, Institut Teknologi Bandung (FTMD ITB), Darian Patrick Elijah Soetanto, berbagi pengalaman suksesnya kuliah di University of Twente (UT), Belanda

Kesempatan langka tersebut diperoleh Darian melalui program Global Engineering Education Exchange (GE3) 2023. Program ini berdurasi enam bulan, mulai dari Agustus 2023 hingga Februari 2024. 

Darian mengambil dua mata kuliah di sana, yakni bidang keamanan siber atau Cybersecurity and Cybercrime dan inovasi berkelanjutan (Innovations in Sustainability)

Darian membagikan kiat suksesnya bisa kuliah di kampus impiannya itu. Menurutnya, persiapan adalah kunci utama. 

Baca juga : Kolaborasi BAZNAS Mengantar Bahagia Ke Pantai Bahagia

Sejak semester 5, kisahnya, Darian telah memulai persiapan untuk tes bahasa Inggris seperti IELTS/TOEFL, yang merupakan syarat penting dalam mengikuti program studi di luar negeri. 

"Semakin cepat semakin baik karena perlu koordinasi dengan pihak prodi dan fakultas," cerita Darian.

"Pengumpulan syarat administrasi harus diperhatikan agar tidak melewati tenggat waktu yang sudah ditetapkan," sambungnya.

Ia mengaku, banyak pengalaman yang diperoleh selama di Belanda. Terutama dalam hal adaptasi budaya. 

Baca juga : 5 Tips Mengencangkan Kulit Wajah ala DexPeople

Yang menarik bagi Darian adalah kebiasaan bersepeda masyarakat Belanda untuk mobilitas. Selain itu, ia juga bisa memperluas jaringan dan bertemu dengan rekan-rekan yang menginspirasi dari seantero dunia. Pengalaman belajar di Negeri Kincir Angin juga membuatnya menjadi selalu open minded dan terus haus ilmu.

Ia menyarankan agar mahasiswa memanfaatkan setiap kesempatan exchange kuliah di luar negeri. Selain itu, jangan merasa inferior dan takut untuk berinteraksi dengan orang dari luar negeri. 

Menurutnya, exchange akan menjadi pengalaman yang sangat menarik dan tidak melulu soal akademik. 

"Kita bisa berinteraksi dengan teman-teman dari berbagai negara, saling bertukar pikiran, dan belajar budaya mereka. Nikmati saja dan jangan lupa untuk have fun," ungkap Darian.

Baca juga : Relawan NTB Sosialisasikan Program Unggulan Ganjar Mahfud

Setelah pulang nanti, Darian berharap pengetahuan dan informasi yang didapatnya dapat memberikan kontribusi positif untuk lingkungannya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.