Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kolaborasi BAZNAS Mengantar Bahagia Ke Pantai Bahagia

Minggu, 4 Februari 2024 22:00 WIB
BAZNAS raih piala Global Islamic Finance Award 2023, penghargaan level internasional bergengsi bagi dunia keuangan Islam, di Dakar, Senegal, Kamis malam, 14 September 2023. [Foto: Dok BAZNAS]
BAZNAS raih piala Global Islamic Finance Award 2023, penghargaan level internasional bergengsi bagi dunia keuangan Islam, di Dakar, Senegal, Kamis malam, 14 September 2023. [Foto: Dok BAZNAS]

RM.id  Rakyat Merdeka - Wajah Alfia tampak bahagia. Kamis, 19 Oktober 2023, ibu rumah tangga itu baru saja ikut memeriksakan kesehatannya, sekaligus berobat di Pos Pelayanan Kesehatan Gratis untuk masyarakat pesisir Pantai Bahagia, di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Pantai Bahagia adalah salah satu desa, yang terletak di Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi. Desa ini memiliki wilayah seluas 2.513,169 hektare.

Terletak di Kecamatan Muara Gembong, Desa Pantai Bahagia memanjang di tepian Sungai Citarum hingga menuju area muara. Lokasinya dapat dijumpai tak jauh setelah melewati Jembatan Muara Gembong.

Baca juga : Gibran Ingin Berikan Banyak Panggung Bagi Musisi Lokal

Sayangnya, Desa Bahagia terkesan tak seperti namanya. Karena desa ini selalu dihantui banjir rob tiap bulannya. Jalanan berlumpur hingga rumah warga banyak yang rusak. Di wilayah ini misalnya, bahkan bisa disaksikan salah satu rumah yang ditinggal pemiliknya, karena sering dihamtam abrasi. Sekeliling rumahnya penuh lumpur dan genangan air laut.

Jalanan di sekitar rumah-rumah warga pun tampak berlumpur, karena sering didatangi banjir rob. Tanah sekitar rumah warga itu malah mirip agar-agar. Tak hanya rumah, pemakaman umum pun turut rusak akibat abrasi air laut. Padahal, warga sudah menanam mangrove, demi menghambat air laut ke rumah warga.

Salah satu alat transportasi warga yakni perahu. Perahu ini pulalah yang biasanya digunakan untuk mata pencaharian warga dalam mencari kerang, kepiting dan udang.

Baca juga : Konsolidasi Pemenangan Prabowo Gibran, INKUD Bagikan Bantuan Genset Di JatengĀ 

Hari itu, dengan sebuah perahu kayu nelayan bertenaga mesin ini pulalah, 14 orang anggota tim Pelayanan Kesehatan Gratis mencoba mengantar dan berbagi kebahagiaan, ke sebuah desa bernama Pantai Bahagia.

Untuk diketahui, aksi sosial Pelayanan Kesehatan Gratis Oktober 2023 itu, merupakan kolaborasi, antara PT Jalin Pembayaran Nusantara, yang menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Layanan kesehatan yang diberikan meliputi penyuluhan tentang hidup sehat, bantuan sembako dan obat-obatan.

Langkah kolaborasi ini persis seperti yang kembali diingatkan oleh Wakil Presiden (Wapres) RI, KH. Ma'ruf Amin, saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) 2023, pada 20-22 September 2023 di The Sultan Hotel & Residence, Jakarta.

Baca juga : Dolar AS Terkoreksi, Pagi Ini Rupiah Melesat

Secara lebih luas Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia ke-7 periode 2015–2020 itu menegaskan, upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan penghapusan kemiskinan ekstrem, hanya dapat diwujudkan melalui kerja sama kolaborasi oleh seluruh pemangku kepentingan.

Seperti diketahui, kemiskinan ekstrem juga berkait erat dengan masalah kesehatan. Karena kemiskinan ekstrem adalah kondisi ketidakmampuan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dasar, yaitu makanan, air bersih, sanitasi layak, tempat tinggal, pendidikan, akses informasi terhadap pendapatan, layanan sosial, termasuk kesehatan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.