Dark/Light Mode

Panglima TNI Dilantik Hari Ini

Andika-Puan Maharani Pasangan Kuat 2024

Rabu, 17 November 2021 08:40 WIB
Jenderal Andika Perkasa dan Ketua DPR Puan Maharani. (Foto: Istimewa)
Jenderal Andika Perkasa dan Ketua DPR Puan Maharani. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Andika yang memang sudah dijagokan banyak politisi di DPR sebagai Panglima TNI sejak awal, membuat popularitasnya meningkat. Meskipun belum menyandang status Panglima TNI, Andika sudah masuk dalam bursa capres versi sejumlah lembaga survei. Memang dibanding Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, elektabilitas Andika sebagai capres 2024 masih berada di level bawah.

Pakar komunikasi politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio menilai wajar, kalau kemarin elektabilitas Andika sebagai capres masih kecil. Mengingat, Andika belum resmi memegang tongkat tertinggi di militer. Ke depan, kata Hensat-sapaannya, elektabilitas Andika mungkin saja akan terdongkrak. Seiring popularitasnya yang punya panggung bergengsi sebagai Panglima TNI.

Baca juga : Hari Baik Untuk Andika Masih Dicari Presiden

“Kalau dalam waktu yang pendek dia bisa memanfaatkan panggung kepanglimaannya itu untuk keuntungan politik, dia akan lebih populer. Maka akan banyak yang suka. Tentunya elektabilitasnya akan makin tinggi,” kata Hensat, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Kalau nanti Andika layak nyapres, lalu siapakah yang cocok mendampingi Andika? Kata Hensat, bila memiliki elektabilitas tinggi, maka Andika akan cocok dipasangkan dengan siapa pun pada Pilpres 2024. Terpenting ada parpol yang memang memenuhi persyaratan mengusung capres-cawapres di 2024.

Baca juga : Pelantikan Andika Perkasa Minggu Depan, Jokowi Masih Cari Hari Baik

Saat ini, parpol yang bisa mengusung langsung capres tanpa koalisi adalah PDIP sebagai pemenang pemilu. Kalau Andika bisa dekat dengan PDIP, tentunya peluangnya untuk mendapatkan tiket nyapres akan terbuka. Apalagi, Puan Maharani sebagai jagoan PDIP belum terlalu memuaskan tingkat elektabilitasnya sebagai capres.

“Bisa saja, Andika-Puan Maharani di Pilpres 2024. Kalau sampai terjadi, ini pasangan yang tak bisa diremehkan,” ujar Hensat.

Baca juga : Milan Kandidat Juara, Pioli Ogah Besar Kepala

Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga berpandangan, Andika bisa menjadi kuda hitam di Pilpres 2024. Ini bisa terjadi, bila dua syarat bisa dilalui Andika dengan sukses.

Pertama, Andika harus menonjol selama menjadi Panglima TNI. Kinerjanya selain dapat meningkarkan profesionalisme pasukannya, juga dapat mendekatkan TNI dengan rakyat. “TNI adalah Kita” yang jadi misi Andika bisa diimplementasikan dengan keberpihakan TNI kepada rakyat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.