Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Apkasi Otonomi Expo 2022 Resmi Diluncurkan Di Medan

Rabu, 17 November 2021 14:40 WIB
Peluncuran Apkasi Otonomi Expo 2022, di Medan, Rabu (17/11). (Foto: Apkasi)
Peluncuran Apkasi Otonomi Expo 2022, di Medan, Rabu (17/11). (Foto: Apkasi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) meluncurkan program tahunan bertajuk Apkasi Otonomi Expo 2022, Trade, Tourism & Investment dengan hastag #AOE2022. Acara yang bertemakan “Pulihkan Ekonomi Daerah Melalui Jejaring Lokal dan Global" ini berlangsung di Le Polonia Hotel, Medan, Sumatera Utara, Rabu (17/11).

Seremoni peluncuran AOE2022 dilakukan dengan bersama-sama diiringi tembakan conveti dan pemukulan gong yang dipimpin Ketua Umum Apkasi, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, diikuti 36 bupati, 11 wakil bupati, dan para perwakilan dari pemkab yang hadir secara offline. Sebelumnya, dalam sambutannya, Bupati Dharmasraya ini mengajak kepada para bupati di seluruh Indonesia untuk bergerak memanfaatkan momentum ini.

Baca juga : Sambut Bonus Demografi, IHCS 2021 Komitmen Tingkatkan SDM

“Seperti arahan Bapak Presiden Joko Widodo saat membuka kegiatan Apkasi Otonomi Expo tahun 2021 di Istana Kepresidenan Bogor, beliau mengapresiasi langkah Apkasi untuk mulai menggerakkan roda perekonomian di daerah melalui kegiatan expo. Seiring sejalan dengan itu, tentu kita juga tetap mendukung upaya pusat untuk memperluas sebaran vaksinasi sehingga mempercepat kekebalan komunitas di masyarakat,” ujarnya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Rabu (17/11).

Sutan Riska menambahkan, upaya keras yang juga dilakukan Pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19 dan upaya pemulihan ekonomi nasional, mulai terlihat ke arah yang positif. Hal ini ditandai dengan semakin terlihat dan meningkatnya aktivitas masyarakat, pandemi semakin hari dapat dikendalikan, upaya vaksinasi secara massal juga semakin meluas, hingga terjadi peningkatan kegiatan perdagangan dunia, ekspor dan impor.

Baca juga : Fondasi Ekonomi Pancasila, Perlu Peran Aktif Koperasi

“Alhamdulillah, penanganan pandemi yang sangat konprehensif dari pemerintah tersebut, ternyata cukup membawa hasil yang menggembirakan. Bahkan, menurut Badan Pusat Statistik, pertumbuhan ekonomi Indonesia hingga kuartal ketiga tahun ini saja, telah tumbuh positif mencapai  3,51 persen,” lanjutnya.

Melihat kondisi perekonomian bangsa yang sempat memprihatinkan dua tahun terakhir, Apkasi memiliki tanggung jawab moral untuk memberikan solusi dan membantu menyelesaikannya. Sesuai dengan perannya, Apkasi mencoba membantu memfasilitasi segenap anggotanya yang mencakup 416 Pemerintah Kabupaten di seluruh Indonesia untuk mempromosikan berbagai keunggulan komoditas perdagangan, destinasi wisata serta potensi investasi yang dimiliki melalui kegiatan expo ini.

Baca juga : Rumania Andalkan Si Bocah Ajaib

“Pada pertengahan Oktober 2021, dengan mendapat dukungan dari semua pihak, akhirnya meski di tengah masih mewabahnya pandemi, kami mampu melaksanakan kegiatan Apkasi Otonomi Expo Tahun 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari tersebut. Alhamdulillah berjalan dengan baik dan cukup sukses dengan berhasil mencatatkan transaksi berupa invenstasi senilai Rp 11,3 triliun dan 200 juta dolar AS (setara Rp 2,8 triliun). Hasil ini, tentunya diharapkan sangat membantu sekali dalam upaya bangkitnya perekonomian daerah,” ujarnya, sambil mengajak para bupati ikut berperan aktif dalam pelaksanaan AOE2022 tahun depan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.