Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Percepat Pemulihan Pariwisata, Sandiaga Uno Libatkan Milenial Dan Gen Z

Rabu, 17 November 2021 17:31 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Instagram)
Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Instagram)

 Sebelumnya 
Sebelum pandemi terjadi, pariwisata merupakan sektor terpenting dari pertumbuhan ekonomi di Indonesia, yang menyumbang hampir lima persen dari produk domestik bruto (PDB) negara setiap tahunnya.

Namun, industri mengalami tantangan yang sangat berat selama pandemi. Ketika pandemi memasuki tahun kedua, sektor pariwisata sangat terpengaruh, bahkan sebagian besar dari sektor ini terpaksa berhenti.

Baca juga : Wisata Bangkit, Sandiaga Hadirkan Lapangan Kerja Untuk Difabel

Hal ini mengakibatkan penurunan 6,67 persen tenaga kerja di bidang pariwisata. Kemenparekraf juga memperkirakan ada 60 persen peluang kerja pasca Covid-19 yang masih belum tergarap di Indonesia.

Dengan demikian, penting bagi kaum Milenial dan Generasi Z untuk terus meningkatkan kompetensinya dalam berbagai skill baru, seperti webinar dan pelatihan kewirausahaan, kerajinan tangan, serta pariwisata dan industri kreatif yang menjadi bagian inti dari program 4 AS Kemenparekraf.

Baca juga : Pertamina Patra Niaga Pastikan Suplai Energi Masyarakat Aman

Program 4 AS Kemenparekraf menargetkan demografi tenaga kerja terbesar di Indonesia, milenial dan generasi Z. Pada 2021, Generasi Z dan Milenial membentuk hampir 54 persen dari 277 plus juta penduduk di negara itu.

"Dengan demikian, memaksimalkan kompetensi kaum Milenial dan Generasi Z menjadi faktor kunci keberhasilan pemulihan sektor pariwisata, sekaligus mempercepat terwujudkan lapangan kerja baru untuk pertumbuhan ekonomi," beber Sandi. 

Baca juga : IWAPI-Polri Gelar Vaksin Massal Di Banten

Selain itu, kemitraan dan kolaborasi di antara berbagai pemangku kepentingan juga menjadi faktor yang tak kalah penting dalam mendukung generasi muda dalam berkreasi.

"Kreativitas yang membawa generasi muda untuk semakin cerdas menciptakan pekerjaan, bukan hanya sebagai pencari pekerjaan," tandas mantan Wagub DKI Jakarta ini. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.