Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Lihat Tuh, Pak Basuki Sudah Masuk Sintang

Jumat, 19 November 2021 08:58 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau banjir di Sintang, Kalimantan Barat, kemarin. (Foto: Dok. PUPR)
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau banjir di Sintang, Kalimantan Barat, kemarin. (Foto: Dok. PUPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah tak tinggal diam dengan banjir berkepanjangan di Sintang, Kalimantan Barat. Kemarin, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sudah masuk ke Sintang. Dalam waktu dekat, Presiden Jokowi juga dijadwalkan berkunjung ke Sintang.

Basuki datang ditemani Ketua Komisi V DPR Lasarus dan Bupati Sintang Jarot Winarno. Agenda mereka cukup padat. Mereka berkeliling speedboat mengunjungi masyarakat yang terdampak banjir.

Baca juga : Waspada, Iya... Parno, Jangan!

Salah satunya, meninjau pemukiman warga yang tenggelam di tepian Sungai Kapuas. Di sana, Basuki juga memberikan bantuan sembako kepada warga. Saat keliling, sesekali Basuki berdiri di atas speedboat, untuk memastikan tidak ada yang luput dari tinjauannya.

"Saya ke sini atas perintah Presiden. Sebelum mungkin beliau ke sini, saya diminta mendahului untuk melaporkan secara teknis. Kalau nonteknis sudah dilakukan Mensos (Tri Rismaharini) dan Ketua Komisi V DPR," ungkap Basuki, kepada wartawan.

Baca juga : Reklamasi Jalan Terus, Nelayan Serang Makin Merana

Dari tinjauannya itu, Basuki punya sejumlah cara mengatasi banjir Sintang. Yakni akan melakukan rekayasa dengan giofak untuk penanganan banjir. Sebab, diprediksi, curah hujan masih akan tinggi pada Januari-Maret 2022.

"Prediksi dari BMKG akan terjadi banjir jauh lebih besar lagi. Sehingga perlu rekayasa pengendalian banjir jangka pendek dengan geobag," terangnya.

Baca juga : Tiga Pekan Banjir Di Sanggau, Sejumlah Wilayah Masih Tergenang Air

Geobag adalah geotextile yang diisi dengan tanah dan dijahit sehingga berbentuk bantalan-bantalan untuk menahan air. Dia menyebut, sistem ini sudah diterapkan di Lubuk Utara. Kata Basuki, akan segera datang tim ke Sintang untuk melakukan pengukuran geobag, yang akan dipasang di sepanjang Sungai Kapuas.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.