Dark/Light Mode

Lihat Tuh, Pak Basuki Sudah Masuk Sintang

Jumat, 19 November 2021 08:58 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau banjir di Sintang, Kalimantan Barat, kemarin. (Foto: Dok. PUPR)
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau banjir di Sintang, Kalimantan Barat, kemarin. (Foto: Dok. PUPR)

 Sebelumnya 
"Teman saya dari Balai Sungai akan segera melakukan pengukuran. Jadi, nanti saya bikin dengan geobag. Bukan karung pasir lagi sekarang. Tapi giofak. Lebih kuat dia mengalirkan air," terangnya.

Setelah masalah banjir bisa diselesaikan, Basuki juga akan memperbaiki jalan di Lintas Melawi. Perbaikan ini sebenarnya sudah teken kontrak. Tetapi, karena keburu banjir, belum bisa dikerjakan. “Jadi, kita atasi dulu banjir supaya tidak tergenang," ujarnya.

Baca juga : Waspada, Iya... Parno, Jangan!

Sampai kemarin, banjir di Sintang masih merendam 7 kecamatan. Yaitu Sintang, Kelam Permai, Dedai, Tempunak, Ketungau Hilir, Sepauk, dan Sungai Tebelian. Sedangkan di Kecamatan Ambalau, Serawai, Kayan Hilir, dan Kayan Hulu, banjir sudah kering.

Jumlah warga terdampak pun menurun. Dari 35.618 KK menjadi 21.684 KK. Yang mengungsi juga berkurang. Dari 7.496 KK menjadi menjadi 5.581 KK. Para pengungsi itu masih ada di 8 kecamatan.

Baca juga : Reklamasi Jalan Terus, Nelayan Serang Makin Merana

Kedatangan Basuki ke Sintang disambung hangat warganet setempat. "Selamat datang di Kota Sintang Pak Menteri Basuki Hadimuljono. Terima kasih atas kunjungan dan bantuannya. Sehat selalu Bapak," tulis akun @Rinistg.

Ada juga yang memuji cara kerja Basuki dalam mengatasi banjir. Seperti akun @BiarAkuTetapAku. Dia yakin, Basuki mampu mengatasi banjir Sintang.

Baca juga : Tiga Pekan Banjir Di Sanggau, Sejumlah Wilayah Masih Tergenang Air

"Pak Bas kalau topinya sudah dibalik, minggir, pokoknya semua minggir! Serahkan pada ahlinya! Konon kata pepatah Jawa: save the best for the last," tulisnya.

Akun @AureliaAyudia ikut senang dengan kedatangan Basuki ke Sintang. "Masyarakat mendoakan dan mendukung segala upaya pemerintah dalam penanggulangan banjir di Sintang. Rakyat cinta Jokowi," tuturnya. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.