Dark/Light Mode

BNPB: Banjir Bandang Garut Tak Telan Korban Jiwa

Sabtu, 20 November 2021 12:55 WIB
Banjir bandang di Kabupaten Garut memutus akses jalan menuju Kawah Darajat. (Foto: BNPB)
Banjir bandang di Kabupaten Garut memutus akses jalan menuju Kawah Darajat. (Foto: BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan, banjir bandang yang melanda Desa Karyamekar, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat pada Jumat (19/11) tidak menelan korban jiwa.

Menurut laporan tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di lapangan, banjir yang terjadi berlokasi jauh dari pemukiman warga.

"Tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut," kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB dalam keterangannya, Sabtu (20/11).

Baca juga : Yang Ngomel Masih Pasang

Meski tidak ada jorban jiwa, banjir bandang menimbulkan longsoran dan memutus akses jalan menuju Kawah Darajat. Lahan pertanian warga juga dilaporkan terendam banjir.

BPBD Kabupaten Garut bersama tim gabungan berkoordinasi dengan instansi terkait, untuk melakukan kaji cepat dan pendataan kemungkinan adanya kerugian lain.

Meski cuaca di lapangan terpantau cerah, BPBD setempat mengimbau kepada masyarakat,.untuk meningkatkan kewaspadaan sebagai langkah mitigasi adanya banjir susulan.

Baca juga : Banjir Sintang Belum Surut, PUPR Bakal Bangun Geobag

"Hari ini, BPBD Kabupaten Garut bersama tim gabungan akan melakukan pembersihan material pasca banjir," ujar Abdul Muhari.

Mewaspadai dampak La Nina yang dapat terjadi di Indonesia hingga Februari 2022, BNPB mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat untuk melakukan langkah-langkah kesiapsiagaan, dengan meningkatkan kewaspadaan.

Masyarakat juga diharapkan dapat mengikuti instruksi dari perangkat daerah setempat, bila berada dalam kondisi darurat. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.