Dark/Light Mode

Sukseskan WSBK Mandalika 2021, TNI AU Rekayasa Cuaca

Sabtu, 20 November 2021 16:40 WIB
Komandan Korem 162/Wira Bhakti Brigadir Jenderal Ahmad Rizal Ramdhani (Foto: Kominfo)
Komandan Korem 162/Wira Bhakti Brigadir Jenderal Ahmad Rizal Ramdhani (Foto: Kominfo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komandan Korem 162/Wira Bhakti Brigadir Jenderal Ahmad Rizal Ramdhani menyatakan, TNI mengerahkan hampir 600 personel unntuk mendukung pengamanan jalannya lomba balap seri pamungkas World Superbike (WSBK) di Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sebanyak 350 di antaranya, disebar di arena dalam sirkuit berkoordinasi dengan pihak Dorna Sport selaku promotor WSBK.

"Kami melibatkan unsur Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara. Ada empat unit alat utama sistem persenjataan (alutsista, red) Anoa dan tiga kapal patroli cepat yang bersiaga di perairan Mandalika 24 jam. Selain itu, kami juga mengerahkan pasukan khusus, untuk mencegah terjadinya tindakan-tindakan yang tidak diinginkan," kata Ahmad Rizal dalam jumpa pers di Mandalika, Sabtu (20/11).

Baca juga : Sejak Pintu Keluar Bandara, Pengamanan WSBK Mandalika 2021 Ekstra Ketat

Arbituren Akademi Militer tahun 1993 ini menambahkan, TNI juga mengerahkan tim modifikasi cuaca dari TNI AU, agar kegiatan lomba dapat berlangsung lancar.

Tim ini melakukan rekayasa cuaca, agar selama berlangsungnya lomba tidak terjadi hujan.

"Kami mengerahkan satu unit pesawat jenis Cassa untuk modifikasi cuaca, dengan cara menebarkan garam di atas awan. Agar hujan tidak terjadi di atas langit Mandalika. Bisa bergeser ke wilayah Kota Mataram atau Lombok Timur," jelas Ahmad Rizal.

Baca juga : KSP: Pengembangan KEK Mandalika Berdayakan Masyarakat Lokal

Di samping itu, pihak Korem juga mengajak masyarakat di sekitar sirkuit, untuk ikut berpatisipasi termasuk berani menyapa para turis dan kru tim yang berlomba. Supaya mereka merasa lebih nyaman berada di Mandalika.

Basarnas Siapkan Evakuasi

Badan SAR Nasional (Basarnas) juga turut dilibatkan dalam ajang WSBK kali ini.

Baca juga : Lusa Jokowi Resmikan Sirkuit Mandalika, Pemuda NTB Happy Banget

Direktur Kesiapsiagaan Bencana Basarnas, Agus Haryono mengatakan, pihaknya menerjunkan 100 personel gabungan berkualifikasi rescue, ditambah kru helikopter dan anak buah kapal.

"Kami menyiagakan satu unit helikopter jenis Dolphin AR 3603 dan Kapal Motor SAR Kamajaya Kelas 66 Meter yang langsung kami datangkan dari Makassar," kata Agus dalam jumpa pers di tempat yang sama.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.