Dewan Pers

Dark/Light Mode

KSP: Pengembangan KEK Mandalika Berdayakan Masyarakat Lokal

Sabtu, 13 Nopember 2021 10:39 WIB
Deputi I Kepala Staf Kepresidenan Febry Calvin Tetelepta (Foto: KSP)
Deputi I Kepala Staf Kepresidenan Febry Calvin Tetelepta (Foto: KSP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Deputi I Kepala Staf Kepresidenan Febry Calvin Tetelepta mengatakan, pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika tidak hanya fokus pada pembangunan infrastruktur. Tetapi juga memberdayakan masyarakat lokal.

Hal itu disampaikan Febri, saat memantau pengembangan KEK Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (13/11).

"Masyarakat lokal dilibatkan untuk memberikan multiplier effect yang signifikan dalam perekonomian, dan mendukung Mandalika sebagai destinasi pariwisata," jelasnya.

Berita Terkait : LAN Dan BPKS Tingkatkan Kapasitas Aparatur

Selain itu, KSP juga mendorong keterlibatan masyarakat lokal dengan melakukan renovasi rumah warga untuk dijadikan sebagai homestay, sebagai pilihan akomodasi wisatawan.

Selain itu, pembinaan terhadap pelaku UMKM lokal, terutama yang terkait kepariwisataan juga terus dilakukan.

"Sejak awal, Presiden Jokowi minta agar masyarakat menjadi penerima manfaat terbesar dari pengembangan Mandalika," sambungnya.

Berita Terkait : Temani Jokowi Jajal Mandalika, Bamsoet Pakai Motor Listrik Gesit

Seperti diketahui, Presiden Jokowi menetapkan Mandalika sebagai satu dari lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) dan sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

Presiden juga menetapkan Mandalika sebagai tuan rumah dalam berbagai penyelenggaraan event internasional. Antara lain, World SuperBike (WSBK) 2021, MotoGP tahun 2022, dan L’Etape Indonesia by Tour de France (2022).

"Sebagai pendukungnya, pemerintah sudah membangun beberapa infrastruktur utama seperti jalan bypass Bandara Internasional Lombok (BIL) menuju KEK Mandalika, dan pengembangan bandara meliputi perluasan terminal dan fasilitas kargo," jelas Febri. [HES]