Dark/Light Mode

KSP Sebut Jalan Byass KEK Mandalika Kerek Ekonomi Pariwisata

Senin, 22 November 2021 16:17 WIB
Penampakan ruas jalan bypass dari Bandara Internasional Lombok (BIL) sampai KEK Mandalika yang terbentang sepanjang 17 Km di Kab. Lombok Tengah, NTB, yang mempercepat akses menuju Sirkuit Balap Mandalika.
Penampakan ruas jalan bypass dari Bandara Internasional Lombok (BIL) sampai KEK Mandalika yang terbentang sepanjang 17 Km di Kab. Lombok Tengah, NTB, yang mempercepat akses menuju Sirkuit Balap Mandalika.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kantor Staf Presiden (KSP) menyampaikan bahwa jalan bypass dari Bandara Internasional Lombok menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) turut menunjang ekonomi dan pariwisata di daerah tersebut.

"Pemerintah sudah membangun infrastruktur utama yakni jalan bypass dari Bandara Internasional Lombok (BIL) sampai KEK Mandalika sepanjang 17 Km yang menjadi tulang punggung utama konektivitas yang mempercepat akses menuju KEK Mandalika," ujar Tenaga Ahli KSP, Anne Aprina Priskila dalam keterangannya, Senin (22/11).

Ia mengatakan, dengan adanya jalan Bypass, waktu tempuh dari BIL ke KEK Mandalika hanya 15 menit saja, jauh lebih cepat dari jalan lama yang membutuhkan waktu sekitar 45 hingga 60 menit.

Tim KSP sendiri telah memantau secara ketat pembangunan jalan BIL Mandalika agar selesai sesuai target waktu yang ditetapkan.

Baca juga : Terima Kasih Pak Jokowi!

Alhasil, jalan ini sudah berfungsi sejak 1 bulan yang lalu dan diresmikan oleh Presiden pada 12 November 2021.

Selain jarak tempuh menuju KEK Mandalika semakin cepat, wisatawan juga dimanjakan dengan spot-spot menarik dengan pemandangan yang menarik mata seperti di titik km 11 dan Bukit Menangis.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Destinasi Pariwisata NTB, Ahlul Wakti, mengatakan aksesibilitas di Lombok menjadi semakin baik dan sangat membantu kebangkitan pariwisata di Kabupaten Lombok Tengah.

Hal ini juga diamini oleh Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Nusa Tenggara Barat, Reiza Setiawan.

Baca juga : Sukseskan WSBK Mandalika 2021, TNI AU Rekayasa Cuaca

"Masyarakat dan wisatawan merasa terbantu dengan adanya jalan ini,” katanya.

"Jalan ini memang sudah berfungsi dengan baik, tetapi kami masih terus membuat lebih baik lagi dengan merapikan bahu jalan dan pinggir tebing, serta melengkapi penerangan jalan di beberapa titik rawan demi keamanan dan kenyamanan masyarakat,”tambah Reiza.

KSP terus memastikan kawasan ini dipersiapkan dengan benar untuk menjadi satu magnet pariwisata baru di Indonesia.

Untuk itu, KSP mengimbau adanya kerjasama antara Pemerintah dengan seluruh elemen masyarakat demi mendukung kesuksesan berbagai event yang akan diselenggarakan di Mandalika.

Baca juga : Raja Saudi Tawarkan Mandalika Gelar F1

Dengan demikian, infrastruktur yang dibangun benar-benar bermanfaat untuk masyarakat lokal. (MFA)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.