Dewan Pers

Dark/Light Mode

Komnas HAM: KPI Gagal Ciptakan Lingkungan Kerja Yang Sehat

Senin, 29 Nopember 2021 15:44 WIB
Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara. (Foto: Ist)
Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) secara kelembagaan dinilai gagal menciptakan lingkungan kerja yang sehat, aman dan nyaman. Hal ini merupakan hasil investigasi Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dalam kasus perundungan terhadap pegawai KPI berinisial MS.

Hasil investigasi menyatakan, MS mendapat perundungan dari sesama pegawai KPI. Perundungan itu dalam bentuk candaan atau humor yang bersifat menyinggung dan meledek kondisi dan situasi kehidupan pribadi individu.

Berita Terkait : Gagal Juara, Intanon: Final Yang Luar Biasa

"KPI gagal secara lembaga menciptakan lingkungan kerja yang sehat, aman dan nyaman serta mengambil langkah-langkah yang mendukung pemulihan korban," ujar Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara dalam konferensi pers, di kantor Komnas HAM, Jakarta, Senin (29/11).

Beka menyampaikan, kegagalan KPI dalam menciptakan suasana lingkungan kerja yang sehat, aman dan nyaman. Hal ini tercermin dari tidak adanya regulasi internal dan perangkat-perangkat yang patut dalam pencegahan dan penanganan tindak pelecehan seksual dan perundungan di lingkungan kerja.

Berita Terkait : Anies Ajak Seluruh Warga Menjaga Lingkungan Jadi Suatu Budaya

Serta, belum ada pedoman panduan dalam merespon, serta menangani kasus pelecehan seksual dan perundungan di lingkungan kerja.

Bahkan, lanjut Beka, peristiwa perundungan juga terjadi pada pegawai KPI lainnya. Sehingga bukan hanya MS yang mengalami kasus serupa di lingkungan KPI.

Berita Terkait : Bappenas Tegaskan Pentingnya Strategi Penguatan Kerja Sama Lintas Sektor Gizi

"Kuat dugaan peristiwa perundungan juga terjadi pada pegawai KPI lainnya namun hal ini dianggap sebagai bagian dari humor, candaan, lelucon yang menunjukkan kedekatan pertemanan rekan kerja," ungkapnya.
 Selanjutnya