Dark/Light Mode

Santri Pasundan Respons Positif Rencana Jendral Dudung

Kamis, 2 Desember 2021 23:07 WIB
KSAD Jenderal Dudung Abdurachman (Foto: Istimewa)
KSAD Jenderal Dudung Abdurachman (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman berencana merekrut prajurit tamtama hingga perwira dari kalangan santri. Alasannya, kalangan santri sudah mempunyai bekal pendidikan akhlak.

"Saya akan merekrut prajurit, baik tamtama maupun perwira ini, khusus para santri. Kenapa saya merekrut ini? Karena saya yakin kalau dari pesantren, yang sudah dididik agama, sudah pasti terjaga masalah akhlak," kata Dudung, di Jakarta, Kamis (2/12).

Baca juga : Pesan Pengamat Militer Untuk KSAD Jenderal Dudung Abdurachman

Pernyataan Dudung ini direspons Ketua Umum Santri Pasundan Aceng Ahmad Nasir. “Pak Dudung tidak melupakan sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa. Panglima TNI pertama Jenderal Sudirman adalah seorang santri. Bung Tomo yang menggelorakan ‘merdeka atau mati’ juga seorang santri,” ucapnya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Kamis (2/12).

Menurut mantan aktivis 98 ini, rasa ingin menjadi anggota TNI di setiap generasi muda sangat tinggi. Termasuk dirinya. Aceng pernah menjadi anggota Resimen Mahasiswa demi meraih cita-cita menjadi tentara. Namun, dirinya tidak memiliki kesempatan untuk menjadi tentara.

Baca juga : Menteri Basuki Tekankan Pentingnya Kualitas Konstruksi Bendungan

Tapi kini, kesempatan untuk generasi muda dari kalangan santri terbuka lebar dengan kebijakan yang akan diambil Dudung. “Ini tentu angin segar untuk kaum santri yang diharapkan kemudian bisa berkiprah dalam mengemban tugasnya sebagai dai sekaligus pengawal NKRI,” imbuhnya.

Menurut Aceng, persoalan bangsa ini cukup pelik. Terutama dalam bidang pertahanan dan keamanan, yang berkaitan dengan terorisme dan separatisme. Jika santri dibekali pemahaman yang plural, moderat, dan direkrut menjadi tentara, dia yakin masalah itu bisa diselesaikan.

Baca juga : Banyak Sentimen Positif, Rupiah Joss Lagi

Aceng mengaku akan segera menginstruksikan seluruh jajaran Pengurus Santri Pasundan yang tersebar di Jawa Barat, Banten, dan DKI untuk bersinergi dengan TNI dalam upaya rekrutmen tersebut. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.