Dark/Light Mode

Jadi Panglima TNI

Andika Rahasiakan Pesan Dari Jokowi

Kamis, 18 November 2021 08:10 WIB
Presiden Jokowi menerima hormat dari Jenderal Andika Perkasa seusai Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/11/2021). (Foto: Biro Pers)
Presiden Jokowi menerima hormat dari Jenderal Andika Perkasa seusai Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/11/2021). (Foto: Biro Pers)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi resmi melantik Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI. Andika mengaku mendapat pesan khusus dari Jokowi, tapi menantu mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono itu, tak mau merinci pesan tersebut.

Pelantikan Andika berlangsung sekitar setengah pukul 2 siang, di Istana Negara, Jakarta, kemarin.

Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri hadir dalam pelantikan Andika. Ia berdiri di samping Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin.

Baca juga : Andika Dilantik Jadi Panglima TNI, Ini Pesan Korni

Selain itu, hadir juga Ketua DPR Puan Maharani, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Kepala BIN Budi Gunawan.

Lalu, ada Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono, dan Panglima TNI sebelumnya Marsekal Hadi Tjahjanto.

Pelantikan Andika dibuka dengan Lagu Indonesia Raya. Sebelum memimpin sumpah, Jokowi melontarkan beberapa pertanyaan yang dijawab mantap oleh Panglima TNI yang baru ini.

Baca juga : Andika-Puan Maharani Pasangan Kuat 2024

“Saudara Jenderal TNI Andika Perkasa, SE, MA, MSc, apakah saudara beragama Islam,” tanya Jokowi, sambil menatap map merah berlogo Garuda di hadapannya. “Islam,” jawab Andika, mantap.

Lalu, Jokowi meminta Andika untuk mengikuti ucapannya. “Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ucap Jokowi yang diikuti Andika.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan penuh dengan rasa tanggung jawab bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” lanjut Jokowi, juga diucapkan Andika dengan lantang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.