Dark/Light Mode

Sasar 30 Desa, ChildFund Dan Dinas Dukcapil Ende Gelar Program Kepemilikan Akta Lahir

Jumat, 17 Desember 2021 11:18 WIB
Sekda Kabupaten Ende menyerahkan SK kepada perwakilan petugas registrasi administrasi kependudukan berbasis desa (14/12). (Foto: Istimewa)
Sekda Kabupaten Ende menyerahkan SK kepada perwakilan petugas registrasi administrasi kependudukan berbasis desa (14/12). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Kepala Dinas Kependudukan & Catatan Sipil Kabupaten Ende, Lambertus Sigasare mengatakan bahwa pada akhir Desember 2021, berdasar data yang ada kepemilikan akta kelahiran di Kabupaten Ende akan melampaui target nasional.

Sementara itu, Pimpinan Proyek Yayasan FREN, Lentje M. Pelapadi menilai, proyek ini menjangkau banyak penerima manfaat, termasuk anak berkebutuhan khusus.

Baca juga : Capres 0 Persen Dan 0 Duit, Ide Firli Ok Juga Nih

"Di beberapa kasus, proyek ini juga membantu orangtua mendapat akta pernikahan sehingga anaknya bisa memperoleh akta kelahiran," ungkapnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Ende, Agustinus G. Ngasuh menambahkan, Pemerintah Daerah (Pemda) mendukung penuh program ini melalui SK (Surat Keputusan) penunjukkan petugas registrasi administrasi kependudukan, baik di desa maupun kelurahan yang berjumlah 278, dan dibiayai dana desa.

Baca juga : Ganjar Pranowo Dinobatkan Sebagai Gubernur Terbaik Program Penyehatan Pangan Nasional

"Pembangunan sistem ini merupakan salah satu capaian proyek yang signifikan," katanya.

Meskipun proyek ini tergolong hal baru, terutama di NTT, namun terbukti memudahkan masyarakat. "Jadi, anak-anak bisa mendapat haknya untuk memperoleh identitas. Ini bisa menjadi role model untuk wilayah lain,” tandasnya. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.