Dark/Light Mode

Ngobrol Dengan Dirut PT Telkom Ririek Adriansyah

Kerasnya Bisnis Digital, Lambat Sedikit Bisa Terpental

Minggu, 19 Desember 2021 06:50 WIB
Dirut PT Telkom Ririek Adriansyah, saat berbincang di Muda Podcast-RM, dengan host Ketua BUMN Muda Soleh Ayubi (kiri) dan Direktur Rakyat Merdeka Kiki Iswara (kanan).
Dirut PT Telkom Ririek Adriansyah, saat berbincang di Muda Podcast-RM, dengan host Ketua BUMN Muda Soleh Ayubi (kiri) dan Direktur Rakyat Merdeka Kiki Iswara (kanan).

 Sebelumnya 
Transformasi lain adalah digital services. Ini tidak mudah, karena harus mengubah mindset dan budaya kerja. Perusahaan telekomunikasi tentu beda cara kerjanya dengan perusahaan digital. Kata Ririek, bisnis telekomunikasi adalah teknologi driver, yaitu menjual layanan suara, sambungan data dan seterusnya.

Sementara mind set perusahaan digital harus berangkat dari kebutuhan masyarakat. Salah satunya, membuat aplikasi yang dibutuhkan masyarakat dan menjadi bagian dari solusi.

Baca juga : Ngobrol Dengan PM Malaysia, Jokowi Tekankan Pentingnya Kerja Sama Perlindungan WNI

“Misalnya, saya dengar laporan ada yang bikin aplikasi X. Bangga bagus. Tapi saya selalu tanyakan, ada yang pakai nggak? Buat saya, mau bagus pun kalau tidak ada yang pakai ya percuma,” tuturnya.

Menurut Ririek, bisnis digital itu cukup kejam. Inovasi saja tidak cukup. Lebih banyak pemain yang gagal daripada yang berhasil. Yang muncul ke permukaan sekarang ini adalah cerita-cerita start up yang berhasil. Seolah tidak ada cerita start up gagal. “Padahal, di dunia start-up itu, do or die. Artinya kalau berhasil ya dia hidupnya enak. Sebenarnya itu adalah dunia yang sangat kejam,” kata Ririek.

Baca juga : Peruri Gaet Telkom Perkuat Transaksi Keuangan Digital

Buah dari kerja kerasnya, Telkom kini menjadi perusahaan Indonesia yang masuk ke dalam jajaran Forbes 2021 World’s Best Employer. Posisinya menempati peringkat 299 dari 750 perusahaan terpilih yang berasal dari seluruh dunia. Hebatnya lagi, Telkom juga masuk dalam daftar tempat bekerja terbaik. Untuk kategori industri telecommunication & services, Telkom menempati urutan ke 7 dunia di atas Nokia, KT, Erricson, dan Vodafone. Satu-satunya perusahaan telekomunikasi asal Asia Tenggara yang masuk dalam kategori ini. Luar Biasa. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.