Dark/Light Mode

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Responden Senang Jika Ganjar Calonkan Diri Jadi Capres 2024

Minggu, 19 Desember 2021 17:27 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Pemprov Jateng)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Pemprov Jateng)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei Lembaga KedaiKOPI menunjukkan, mayoritas responden senang jika Ganjar Pranowo mencalonkan diri sebagai presiden pada 2024.

"Ini hanya kita tanyakan kepada masing-masing nama yang kenal. Jadi baseline-nya akan berbeda-beda. Misalnya ke Ganjar Pranowo, 867 orang yang mengaku kenal, suka atau tidak. Dan kesukaannya ternyata Ganjar Pranowo yang teratas," ujar Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKOPI Kunto Adi Wibowo, Minggu (19/12).

Ganjar Pranowo meraih 88,4 persen. Disusul Sandiaga Uno dengan 79,6 persen, Ridwan Kamil 78,3 persen, Prabowo Subianto 77,4 persen, dan Anies Baswedan 69,8 persen.

Baca juga : Survei KedaiKOPI, Elektabilitas Prabowo-Ganjar Saling Salip

Sementara untuk elektabilitas calon presiden, survei tersebut mengajukan dua bentuk pertanyaan, yakni pertanyaan terbuka dan pertanyaan tertutup.

Dalam pertanyaan terbuka, pertanyaan yang diajukan adalah jika pemilihan presiden dilakukan hari ini, siapa yang anda pilih? Hasilnya, Prabowo Subianto berada di peringkat pertama dengan 23,9 persen.

Disusul Ganjar di posisi kedua dengan 16,4 persen, dan Anies di posisi ketiga dengan 12,5 persen. "Tapi masih ada yang menjawab Joko Widodo, sebanyak 8,6 persen," imbuhnya.

Baca juga : Survei KedaiKOPI: Pilpres 2024 Momentum Bagi Capres Berkriteria Cerdas

Sedangkan nama-nama lain yang juga muncul adalah Sandiaga Uno dengan 3,6 persen, Ridwan Kamil 3,3 persen, Tri Rismaharini 2,0 persen, serta Agus Harimurti Yudhoyono dan Khofifah Indar Parawansa yang sama-sama meraih 1,5 persen.

"Lainnya 6,9 persen. Dan yang belum memutuskan 19,8 persen. Jadi masih ada hampir 20 persen yang belum menentukan pilihan hari ini," ungkap Kunto.

Dalam pertanyaan tertutup, survei tersebut menyodorkan 15 nama dengan hampir semua Ketum Parpol masuk di dalamnya. Survei tersebut menggunakan dua metode dalam pertanyaan tertutup yakni tanpa probing dan dengan probing.

Baca juga : Komitmen Relawan Kawal Ganjar Pranowo Raih Tiket Capres 2024

Dengan probing, responden yang belum memutuskan kemudian ditanya lebih lanjut sampai dia memutuskan atau menyebutkan nama.

"Menariknya, kalau tanpa probing Pak Prabowo masih paling unggul 24,3 persen. Disusul Pak Ganjar Pranowo 22,9 persen dan Pak Anies Baswedan 18,5 persen. Ini top three-nya, tiga teratas," kata Kunto.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.