Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Muktamar NU Ke-34

Said Aqil Dinilai Optimal Hidupkan NU

Selasa, 21 Desember 2021 15:59 WIB
Ketua Umum PBNU KH. Said Aqil Siroj. (Foto: Ist)
Ketua Umum PBNU KH. Said Aqil Siroj. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Nahdlatul Ulama (NU) akan segera menggelar Muktamar Ke-34 di Lampung. Muktamar tersebut diharapkan dapat membawa NU untuk mengedepankan nilai kebangsaan.

Pengamat sosial Rissalwan Habdy Lubis mengatakan, Nahdlyin kultural di akar rumput sudah punya kontribusi yang sangat baik dalam membangun kecerdasan berbangsa religius di tengah masyarakat.

"Ke depan NU sebaiknya lebih mengambil jarak dengan kekuasaan, dan lebih proaktif mendorong praktik kebangsaan yang religius dan mencerdaskan umat dengan semangat kebangkitan ulama, sesuai dengan nama NU sendiri," kata Rissalwan dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (21/12).

Baca juga : KH. Said Aqil: NU Go Digital, Tapi Tak Liberal

Dia mengungkapkan, Ketua Umum PBNU saat ini, KH. Said Aqil Siroj dinilai berhasil menghidupkan NU selama masa kepemimpinannya. Bahkan, Rissalwan menilai, Kiai Said sudah cukup optimal memimpin PBNU.

"Saya kira dari sisi menghidupkan organisasi NU dengan memastikan sumber anggaran kegiatan, beliau ini sudah cukup optimal," nilainya.

Namun, Risslawan mengingatkan, NU seharusnya mengedepankan kebersamaan sebagai warga bangsa.

Baca juga : Gus Yahya Ingin Hidupkan Kembali Nilai Ke-Gusdur-an

Muktamar NU Ke-34 akan digelar Selasa (21/12) hingga Rabu (22/12) di Provinsi Lampung. Dalam Muktamar yang mengusung tema Menuju Satu Abad NU, Membangun Kemandirian Warga untuk Perdamaian Dunia, kandidat yang diperkirakan berkompetisi memperebutkan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ada dua. Yakni Katib Aam PBNU KH. Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) dan Ketua Umum PBNU saat ini KH. Said Aqil Siroj.

Muktamar NU ke-34 di Lampung dipusatkan di empat tempat. Untuk pembukaan Muktamar berlokasi di Pondok Pesantren Darus Saadah. Tiga tempat lainnya di antaranya, di UIN Raden Intan Lampung, Universitas Lampung (Unila) dan Universitas Malahayati.

Karena pandemi, hanya 500 Muktamirin yang akan menghadiri pembukaan Muktamar NU ke-34 di Pesantren Darus Saadah. Biasanya bisa sampai 2.000 hadirin yang mengikuti pembukaan Muktamar saat kondisi normal. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.