Dark/Light Mode

Soal Karantina Pejabat Dan Rakyat

Susi Colek Luhut

Rabu, 22 Desember 2021 07:50 WIB
Luhut Binsar Pandjaitan dan Susi Pudjiastuti. (Foto: Istimewa)
Luhut Binsar Pandjaitan dan Susi Pudjiastuti. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Masa karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri selama 10 hari menuai banyak protes. Pasalnya, aturan untuk karantina ini berbeda antara pejabat dengan rakyat. Pejabat boleh karantina mandiri, sementara rakyat karantina di hotel dengan biaya sendiri. Eks Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti ikut bingung dengan aturan ini dan langsung mencolek Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Sentilan Susi itu disampaikan di akun Twitter miliknya, @susipudjiastuti, kemarin. Ia menyoroti omongan Luhut pada saat konferensi pers, Senin (20/12) yang mengatakan banyak WNI yang pergi belanja ke luar negeri usai pulang tak mau karantina di hotel dan meminta karantina gratis.

Bos Maskapai Susi Air itu mempertanyakan alasan mengapa hanya pejabat yang dapat karantina di kediaman masing-masing. Sementara masyarakat tidak boleh karantina di rumah sendiri.

Baca juga : Saran Nih, Pake Subsidi Silang Aja

“Kenapa yang boleh berhemat atau jadi pelit cuma pejabat/VIP? Kenapa masyarakat tidak boleh berhemat/pelit?? Kenapa cara karantina berbeda?” cuit Susi.

Tak hanya itu, sentilan Susi berlanjut di kicauan selanjutnya. Ia mempertanyakan kenapa ada perbedaan perlakuan yang disebabkan oleh perbedaan status. Padahal, virus Corona yang mengancam pejabat maupun yang bukan pejabat adalah sama.

“Mayarakat mau gratis wajar, pejabatnya juga boleh gratis di rumah sendiri,” ujarnya.

Baca juga : Parpol Kuat, Rakyat Senang

Ia lalu mengungkit aturan tes PCR untuk penumpang pesawat sementara mobil tidak. Padahal, menurut dia, orang dewasa sudah mendapat vaksin. Jadi tak perlu tes PCR. Cukup tes antigen untuk anak-anak yang belum vaksin.

Cuitan Susi ini mendapat banyak tanggapan dari warganet. Sampai tadi malam, kicauan Susi sudah mendapat 12 ribu tanda suka dan di-retweet oleh 6.300 pengguna. Sebanyak 928 lainnya menuliskan komentar. Bahkan nama Susi sempat jadi trending topic di Twitter, kemarin.

Banyak dari pengguna media sosial mendukung pertanyaan yang diajukan Susi kepada Luhut. “Komentar Bu Susi mewakili saya banget,” cuit @elinaindrawati. Akun @jonijuliar juga heran kenapa fasilitas karantina untuk rakyat harus di hotel, tak boleh di rumah sendiri. Sementara pejabat seperti anggota DPR Mulan Jameela boleh melakukan karantina di rumahnya sendiri.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.