Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pastikan Kesiapsiagaan Hadapi Bencana, Mensos Cek Lumbung Sosial Di Tulungagung Dan Trenggalek

Sabtu, 25 Desember 2021 17:55 WIB
Mensos Tri Rismaharini mengecek kesiapan lumbung sosial, di Desa Sawahan, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Sabtu (25/12)
Mensos Tri Rismaharini mengecek kesiapan lumbung sosial, di Desa Sawahan, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Sabtu (25/12)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Sosial Tri Rismaharini mengisi libur Hari Natal dengan menjalankan tugas ke wilayah Selatan Jawa Timur. Rombongan bergerak pagi hari dari Surabaya, dan tiba di Desa Kebo Ireng, Kecamatan Campur Darat, Kabupaten Tulungagung, pada siang hari.

Tiba di Kantor Desa Campur Darat, Mensos Risma disambut Bupati Tulungagung Maryoto Birowo dan Wakil Bupati Gatot Sunu Wibowo.

Dari sana, rombongan langsung menuju gudang lumbung sosial di belakang kantor kelurahan. Setelah mengecek ketersediaan barang di dalam gudang, Mensos Risma mengecek fasilitas pemurnian air bersih bantuan Kementerian Sosial.

Baca juga : Berikan Pelatihan Kewirausahaan Buat Pemuda Papua, Mensos Siapkan Pendampingan Berkelanjutan

Dari Kelurahan Kebo Ireng, Mensos Risma melaju ke Desa Sawahan, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Di sana, mantan wali kota Surabaya itu menyaksikan kesiapan lumbung sosial yang berlokasi di kantor desa tersebut.

Mensos Risma meminta lokasi lumbung sosial dipindahkan. Sebab terlalu jauh dari titik rawan bencana. Dari situ, dia kemudian bergeser menuju lokasi wisata Pantai Karanggongso.

Kepada Bupati Trenggalek M Nur Arifin, dan personel Tagana, Mensos Risma meminta Pemerintah Daerah (Pemda) untuk mencari lokasi lumbung sosial yang paling tepat.

Baca juga : Antisipasi Ekskalasi Bencana, Mensos Mobilisasi SDM dan Perbanyak Lumbung Sosial Di Titik-Titik Rawan

"Titik lumbung sosial terlalu jauh. Cari titik yang tinggi. Acuannya adalah data dari BMKG. Berapa ketinggian tsunami. Nah lumbung sosial harus lebih tinggi dari itu, tapi jangan yang rawan longsor," imbau Mensos Risma, di dekat lokasi wisata Pantai Karanggongso, Sabtu (25/12).

Didampingi Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Pepen Nazaruddin, Mensos Risma, Bupati Trenggalek dan perwakilan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), mengarahkan lokasi paling tepat untuk lumbung sosial.

Kepada media yang menemuinya di lokasi, Mensos Risma menyatakan tujuan kunjungannya untuk mengecek kesiapan lumbung sosial di kawasan Selatan Jawa. Hal ini perlu dilakukan untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi ancaman gempa bumi megathrust dan tsunami.

Baca juga : Mensos Pastikan Kebutuhan Pokok Korban Bencana Longsor Di Luwu Terpenuhi

Kemensos menyiapkan lumbung sosial untuk memastikan masyarakat terdampak bencana tercukupi kebutuhan hidupnya.

"Lumbung sosial sengaja ditempatkan di lokasi rawan bencana. Jadi kalau skenario terburuk, terjadi tsunami, maka warga yang melakukan evakuasi diri di tempat tinggi tetap tercukupi kebutuhannya," kata Mensos.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.