Dark/Light Mode

Tingkatkan Entrepreneur Indonesia, HKTI Gelar Pelatihan Gratis Buat 40 Wirausaha Perempuan

Selasa, 28 Desember 2021 11:20 WIB
Ketua Umum Perempuan Tani HKTI Dian Novita Susanto. (Foto: Ist)
Ketua Umum Perempuan Tani HKTI Dian Novita Susanto. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Seperti diketahui, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) di 2021, sebanyak 64,5 persen dari total Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dikelola oleh kaum perempuan. Kemudian riset dari Sasakawa Peace Foundation & Dalberg juga mencatatkan persentase wirausahawan perempuan di Indonesia cukup tinggi, yaitu 21 persen. Secara nasional, wirausaha perempuan mampu menghimpun modal usaha hingga Rp 2 triliun.

Baca juga : LPEI Gelar Pelatihan Di Desa Devisa Kusamba

Sebelumnya, Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM (SesmenkopUKM), Arif Rahman, Rabu (23/12) kemarin di Jakarta menyatakan, secara nasional, wirausaha perempuan dapat menghimpun modal usaha mencapai lebih dari Rp 2 triliun, dengan volume usaha mencapai Rp 2,4 triliun, dan mampu menyerap anggota sebanyak 663 ribu perempuan .

Baca juga : Bangun Ekosistem Industri Halal, Kemenperin Cetak Wirausaha Di Pesantren 

Dia menyampaikan, sejak dulu tulang punggung perekonomian Indonesia adalah UMKM. Mereka adalah pedagang kecil, wirausahawan yang berasal dari usaha keluarga, salah satunya perempuan/ibu. Jumlah Koperasi Perempuan aktif saat ini yaitu sebanyak 11.199 unit yang tersebar di seluruh Indonesia. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.