Dark/Light Mode

Tingkatkan Entrepreneur Indonesia, HKTI Gelar Pelatihan Gratis Buat 40 Wirausaha Perempuan

Selasa, 28 Desember 2021 11:20 WIB
Ketua Umum Perempuan Tani HKTI Dian Novita Susanto. (Foto: Ist)
Ketua Umum Perempuan Tani HKTI Dian Novita Susanto. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk mewujudkan wirausaha perempuan yang memiliki skill mempuni, Perempuan Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) membuka peluang bagi 40 wirausaha perempuan untuk meningkatkan kemandirian dalam menjalankan usahanya. Caranya, dengan menggelar pelatihan secara gratis.

Ketua Umum Perempuan Tani HKTI Dian Novita Susanto mengatakan, hal ini sesuai dengan keinginan pemerintah agar jumlah entrepreneur terus meningkat. Terutama, untuk kaum hawa.

"Saat ini jumlah kewirausahaan Indonesia baru mencapai 3,4 persen. Minimal untuk menjadi negara maju, tingkat kewirausahaan harus mencapai 4 persen," kata Dian dalam keterangan tertulis, Selasa (28/12).

Baca juga : LPEI Gelar Pelatihan Di Desa Devisa Kusamba

Dia menjelaskan, pusat pemberdayaan ekonomi dunia saat ini adalah perempuan. Sebagian besar pelaku UMKM juga didominasi oleh perempuan dengan persentase sebesar 64,5 persen.

Dian yang dilantik oleh Ketua Umum HKTI Moeldoko ini menjelaskan, pendaftaran pelatihan tersebut telah dibuka pada 21-23 Desember 2021 lalu.

Para pesertanya, memiliki pengalaman berbisnis selama minimal satu tahun dari beragam profesi. "Dari pengusaha UMKM makanan sampai industri kreatif," tutur Master Ekonomi Politik ini.

Baca juga : Bangun Ekosistem Industri Halal, Kemenperin Cetak Wirausaha Di Pesantren 

Dian mengungkapkan, para peserta akan mengikuti workshop dan dibimbing selama satu harian full, yakni pada pukul 08.30-16.00 WIB secara tatap muka di Kopi Perempuan Tani.

Para peserta yang mengikuti workshop itu akan mendapatkan pembekalan ilmu dari enam narasumber yang tidak diragukan kemampuannya.

Mereka yakni, Avanti Fontana, PhD (Dosen manajemen inovasi & kewirausahaan Fakultas Ekonomi & Bisnis UI), Rafli Susanto, SE (Cheif Analysis Cost Kementerian Keuangan), July Tjindrawan (Founder Rumah Robot Indonesia).

Baca juga : Omicron Sudah Di Indonesia, Alarm Buat Warga +62

Selanjutnya, tim narasumber juga dihiasi oleh Wahyudi Dwi Irawan (Pemimpin Grup Kredit UMK Bank DKI), Pauline Dhini (Business Development Wong Solo), Faisal Hasan Basri (Sekretaris Jenderal Sahabat UMKM Perizinan dan Sertifikat).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.