Dewan Pers

Dark/Light Mode

Resmikan SPKLU

Gibran Ajak Warga Solo Pakai Kendaraan Listrik

Selasa, 28 Desember 2021 20:10 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (tengah) meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), di Kantor PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Surakarta, Jawa Tengah, Selasa (28/12). (Foto: Pemkot Solo)
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (tengah) meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), di Kantor PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Surakarta, Jawa Tengah, Selasa (28/12). (Foto: Pemkot Solo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menghadiri peresmian Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), di Kantor PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Surakarta, Jawa Tengah, Selasa (28/12). Gibran hadir bersama Kepala Dinas ESDM  Jawa Tengah Sujarwanto Dwiatmoko, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan DIY Muhammad Irwansyah Putra, beserta jajaran Forkopimda Kota Solo.

Pembangunan SPKLU pertama di Solo ini merupakan komitmen PLN untuk mendukung green energy untuk Indonesia langit biru dan sebagai tindak lanjut Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

Berita Terkait : Perayaan Natal, Cak Imin Ajak Perkokoh Persatuan Dan Kebersamaan

Gibran menyambut baik adanya SPKLU di Solo. Putra sulung Presiden Jokowi ini akan menyosialisasikan kepada masyarakat Solo untuk beralih menggunakan kendaraan listrik karena lebih ramah lingkungan.

“Yang jelas kami menyambut baik dengan adanya SPKLU yang ada di Kota Solo ini. Jadi kita dorong juga warga untuk beralih ke kendaraan-kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan,” jelasnya, seperti dikutip surakarta.go.id.

Berita Terkait : Luncurkan Kapal Ambulans Untuk Warga Kepulauan, Anies: Kita Wujudkan Kesetaraan

Dalam peresmian itu, Gibran melakukan test drive mobil listrik yang telah di-charger di SPKLU Solo. Dia mengungkapkan, mengendarai mobil listrik lebih baik karena lebih ramah lingkungan dan juga tidak ada suaranya. 

“Tadi saya nyoba, ndak ada bedanya dengan mobil yang pakai bensin atau solar. Malah lebih baik juga, ndak ada suaranya juga. Dengan adanya SPKLU ini, kan setiap charger kan hanya membutuhkan 2 jam jadi sangat cepat sekali," jelasnya. [USU]