Dark/Light Mode

Gelar Simbolon marNatal, Ketum PSBI Beberin Capaian 2020-2021

Kamis, 30 Desember 2021 10:28 WIB
Ketua Umum Punguan Simbolon Dohot Boruna Indonesia (PSBI) Effendy MS Simbolon. (Foto: ist)
Ketua Umum Punguan Simbolon Dohot Boruna Indonesia (PSBI) Effendy MS Simbolon. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Punguan Simbolon Dohot Boruna Indonesia (PSBI) menggelar kegiatan Simbolon marNatal.

Acara digelar di Komplek DPR Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (28/12) lalu dengan dilaksanakan secara terbatas dan menerapkan protokol kesehatan.

Acara tersebut dihadiri pengurus pusat PSBI Periode 2017-2022 yakni Ketua Umum PSBI Effendi MS Simbolon dan ibu Ketua Umum Dessi Trinita Boru Tobing, Ketua Harian PSBI Raden Simbolon, Sekretaris Jenderal PSBI Gumanti Naek Simbolon, dan Bendahara Umum PSBI Alzafandy Hikmad Silaban.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Umum PSBI Effendi MS Simbolon memaparkan Laporan Kegiatan Pengurus PSBI sepanjang tahun 2020 2021. Dia mengatakan, semenjak pandemi Covid 19 melanda dunia termasuk Indonesia, kegiatan PSBI menjadi sangat terbatas khususnya untuk kegiatan dengan pertemuan fisik.

"Pada periode ini khususnya sampai dengan awal semester II-2021 ini kegiatan PSBI didominasi oleh Kegiatan PSBI Peduli yaitu suatu kegiatan kemanusiaan oleh PP PSBI untuk membantu saudara-saudara kita yang terpapar Covid 19 mendapatkan fasilitas kesehatan untuk perawatan dan juga Bantuan Kasih sebagai ungkapan bahwa kita Pengurus dan Keluarga besar PSBI sama-sama mengalami kondisi ini," kata Effendi. 

Baca juga : Jelang Natal, Penumpang Di Terminal Kampung Rambutan Masih Normal

Sebagai informasi dalam kegiatan PSBI Peduli yang dilaksanakan dengan memberikan fasilitas kesehatan untuk perawatan dan juga Bantuan Kasih ini juga turut didukung penuh oleh Ketua Umum PSBI dan Ibu Ketua Umum Ina PSBI. Khusus untuk kegiatan PSBI Peduli ini, dikomandani oleh Bidang Sosial PSBI yang diketuai oleh Ibu Corry Simbolon.

Selama tahun 2020 hingga 2021, PSBI telah melakukan beberapa kegiatan di antaranya Rapimnas PBSI pada April 2020, Rapat Pengurus Pusat PSBI pada Mei 2020, serta Rapat Pengurus Pusat PSBI secara online pada Juni 2020. PSBI juga melaksanakan kegiatan PSBI Peduli sebagai bentuk kebersamaan menghadapi Pendemi Covid 19. "Pada kesempatan tersebut PP PSB bersama dengan PP Ina PSBI melaksanakan 

pembagian ribuan paket bingkisan kasih yang dilaksanakan setiap tahun untuk warga bermarga simbolon yang ada 300.000 jiwa di 141 wilayah Indonesia dan 1 wilayah California USA," kata Effendi. 

PSBI juga melaksanakan Perayaan HUT PSBI ke 13 pada bulan Juli 2020. Kemudian pada Bulan Agustus dan September 2020 dilaksanakan Rapat PP PSBI yang diperluas dengan mengikutsertakan seluruh Pengurus Wilayah. Kemudian, Pada Bulan Oktober 2020 PP PSBI hadir di Samosir untuk melaksanakan Apel Siaga dan pelantikan pengurus 33 Sektor PSBI Wilayah Samosir.

"Hal ini sangat penting dilakukan mengingat wilayah Samosir sebagai Bona Pasogit kita, Keluarga Besar Simbolon perlu lebih memperkuat pelayanan dari PW Samosir agar lebih cepat dapat melayani kebutuhan keluarga kita," katanya.

Baca juga : Gembong Narkoba Kabur Dari Lapas, Ini Dugaan Pengamat

Lalu diteruskan dengan kegiatan PSBI Peduli, khusus keluarga besar PSBI yang berada di Samosir serta Rapat PP PSBI dan Perayaan Natal PSBI yaitu Simbolon marNatal 2020 yang dilaksanakan secara hybrid pada 30 Desember 2020 di 3 lokasi onsite.

Diawal 2021, PSBI melakukan Pembentukan 3 Wilayah Baru yaitu Panei Raya, Bekasi Raya dan Siborongborong sehingga jumlah wilayah PSBI menjadi 114 Wilayah. Kemudian pelantikan 20 Wilayah PSBI secara Online dipusatkan di Serang Banten dan Kunjungan ke Lokasi Kongres PSBI dan Pesta Bolon Simbolon IV 2022 Bali pada Maret 2022.

"Di Juli 2021, dilaksanakan pelantikan 35 Pengurus Wilayah terdiri dari 27 Wilayah Bentukan Baru dan 8 Pengurus Wilayah yang lama sehingga pada saat ini PW PSBI menjadi 141 Wilayah," ungkap Effendi. 

Di bulan tersebut juga dilaksanakan Perayaan HUT PSBI yang ke 14 yang diteruskan dengan launching Kongres PSBI IV dan Pesta Bolon Simbolon IV 2022 Bali dan launching Kongres PSBI IV dan Pesta Bolon Simbolon 2022 Bali disampaikan oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin bersama dengan Ketua Umum PSBI.

Di September 2021, PW PSBI di luar negeri yaitu Wilayah California USA resmi berdiri. Pada kesempatan tersebut Ketua Umum PSBI langsung melantik PW PSBI di Los Angeles dan Ketua Umum Ina PSBI melantik Pengurus Ina PSBI Wilayah California USA. Pertanggal 5 September 2021 jumlah Kepengurusan Wilayah PSBI menjadi 142 Wilayah.

Baca juga : Gencar Perkuat Bisnis Kesehatan, Primed Siap Take Off Di 2022

Rapimnas PSBI 2021 dilaksanakan di Oktober yang dilanjutkan dengan PSBI Musical Show. Rapimnas tersebut menghasilkan bebeapa keputusan penting diantaranya Pengesahan Proposal Kongres PSBI IV 2022 Bali; Proposal Pesta Bolon SImbolon IV 2022 Bali dan Panduan Horja Bolon Simbolon pada Pesta Bolon Simbolon IV 2022 Bali.

"PSBI juga masih melaksanakan Rakernas PSBI 2021 pada tangal 26-27 November 2021, dan sebagai bagian dari rangakaian kegiatan Rakernas PSBI, kita juga melaksanakan Aksi Sosial dalam bentuk PSBI Musical Show Tribute to Marlundu Situmorang Marsada Band," ungkap Effendi. 

Sementara itu, di akhir 2021, PSBI melaksanakan Kick off Kongres dan Pesta Bolon Simbolon Pasada Tahi dan Marlaninglaning Horja Bolon Simbolon 2021 Jakarta, 14 Desember 2021, Partangiangan Pesta Bolon Simbolon 2021 di Bali 19 Desember 2021.

Dan sejak maret 2020 hingga sekarang telah membantu memfasilitasi warga PSBI yg terpapar covid 19 dlm perawatan di RS seluruh Indonesia. Baik di Wisma atlet, isolasi mandiri serta pengadaan oksigen. Dan juga PCR dan Swab gratis serta pemberian obat dan vitamin bagi warga yang terpapar Covid. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.