Dark/Light Mode

BPOM Segera Keluarkan Izin Penggunaan Vaksin Boster

Kamis, 30 Desember 2021 10:59 WIB
Kepala BPOM, Penny Lukito
Kepala BPOM, Penny Lukito

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabar baik, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) segera mengeluarkan izin penggunaan darurat atau emergency use of authorization (EUA) untuk vaksin booster Covid-19.

“BPOM telah memproses sekarang untuk segera mengeluarkan use of authorization,” kata Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Penny Lukito di Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Rabu, (29/12).

Baca juga : Kemenperin Dorong Sektor Ketenagalistrikan Pacu Penggunaan TKDN

Namun BPOM enggan mengungkap kapan waktu izin resmi tersebut dikeluarkan.  Penny menjelaskan semua vaksin booster dalam proses registrasi yakni Pfizer, AstraZeneca, Zlifivax dan CoronaVac atau vaksin Covid-19 Bio Farma. Sementara yang baru pada tahap pra registrasi yakni vaksin Sinopharm.

Sementara untuk izin penggunaan obat yang telah dikeluarkan BPOM yakni Favipiravir, Remdesivir dan Regdanvimab. “Semuanya sedang dalam proses. Mudah mudah dalam waktu dekat sudah keluar,” ujar Penny.

Baca juga : SVEA Sediakan Interior Minimalis Pengusir Stres

Sementara untuk vaksin produksi dalam negeri seperti Merah Putih, kata Penny saat ini vaksin masih dalam tahap persiapan produksi produk uji klinik.

“Targetnya akan selesai sekitar bulan Juni atau Juli tahun depan, sehingga produksi bisa dilakukan pada semester kedua 2022,” tandasnya. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.