Dark/Light Mode

Memberdayakan Kota Manusia

Jumat, 31 Desember 2021 19:40 WIB
Dr. Tantan Hermansah, pengampu MK Sosiologi Perkotaan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta dan Anggota Komisi Infokom MUI Pusat
Dr. Tantan Hermansah, pengampu MK Sosiologi Perkotaan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta dan Anggota Komisi Infokom MUI Pusat

 Sebelumnya 
Ketiga, memastikan distribusi kesejahteraan secara adil. Suatu kota tanpa distribusi kesejahteraan yang adil hanya akan menghasilkan realitas yang di dalamnya menabur potensi-potensi konflik dan perpecahan. Makna distribusi keadilan tidak selalu dalam bentuk penyamaan hasil atau output, tapi justru pada aspek memberikan kesamaan akses bagi semua orang yang hidup dan tinggal dalam kota tersebut.

Keempat, keberlanjutan lingkungan. Lingkungan adalah ruang di mana peradaban itu bisa disemai dan kemudian dirawat untuk dibesarkan, sehingga mampu menangani manusia yang hidup di dalamnya.

Baca juga : Mempertahankan Prestasi KPK

Maka dari itu lingkungan tempat masyarakat menabung kehidupan harus memiliki kualitas-kualitas yang dibutuhkan, seperti perbandingan antara ruang terbuka hijau dengan jumlah masyarakat harus cukup ideal; begitu juga aspek aspek lain, seperti sarana pengolahan limbah, tata kelola sampah, tempat jalan kaki, drainase serta ruang publik lain benar-benar harus didorong agar mendekati kondisi paling ideal, sehingga masyarakat yang hidup di dalamnya akan mendapatkan kenyamanan ekologis.

Kelima, tata kelola aturan yang partisipatif. Setiap masyarakat membutuhkan sistem yang baku dan kokoh. Sistem seperti ini akan memberikan kepastian kepada siapapun yang hidup di dalam suatu wilayah yang disebut kota, mendapatkan kenyamanan sosial dan psikologis.

Baca juga : Menteri (Juga) Manusia

Kenyamanan sosial dan psikologis ini kemudian akan memberikan kontribusi besar pada terciptanya kebahagiaan masyarakat. Di sinilah pentingnya melibatkan masyarakat secara luas dalam membangun sistem yang kokoh tersebut. [*]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.