Dark/Light Mode

Memberdayakan Kota Manusia

Jumat, 31 Desember 2021 19:40 WIB
Dr. Tantan Hermansah, pengampu MK Sosiologi Perkotaan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta dan Anggota Komisi Infokom MUI Pusat
Dr. Tantan Hermansah, pengampu MK Sosiologi Perkotaan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta dan Anggota Komisi Infokom MUI Pusat

 Sebelumnya 
Dari sinilah kemudian kita memerlukan satu agenda besar dalam memberdayakan kota berbasis manusia. Keempat dimensi di atas: kota sebagai ruang sejarah, kota sebagai ruang hunian, kota sebagai ruang kontestasi dan kota sebagai ruang kebudayaan, memerlukan dorongan yang kuat agar semuanya bisa memberikan manfaat yang optimal dalam meningkatkan aspek-aspek kemanusiaan dalam kehidupan.

Maka dari itu, perlu ada upaya bersama pada suatu ruang yang bernama kota untuk memastikan bahwa manusia dalam kota tersebut terjamin aspek-aspek kemanusiaannya.

Baca juga : Mempertahankan Prestasi KPK

Pertama, dimensi pengetahuan. Pada dimensi ini maka segala sesuatu yang terjadi di kota harus didasarkan kepada logika dan argumentasi berbasis riset dan penerapan ilmu pengetahuan yang multidimensi serta holistik.

Maka dampaknya kota tidak bisa lagi dikelola dengan cara pandang yang parsial dan partikular. Misalnya tata kelola tidak lagi hanya bicara tentang aspek fisik, tapi juga aspek aspek non-fisik bahkan aspek spiritual.

Baca juga : Menteri (Juga) Manusia

Kedua, penghargaan atas inisiatif perubahan. Peradaban manusia pada suatu kota akan semakin kokoh ketika sikap-sikap yang sifatnya menghargai dikedepankan. Termasuk di dalamnya adalah memberikan respek yang tinggi serta apresiasi yang mendalam bagi para inisiator-inisiator peradaban kota, entah itu dari kalangan akademisi, pengusaha, kalangan birokrat maupun masyarakat. Mereka ini harus dijadikan tonggak-tonggak keteladanan positif, sehingga bisa memberikan aura positif juga dalam kehidupan masyarakat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.