Dark/Light Mode

Warga Jateng Disebut BPS Lebih Bahagia Dari DKI

Ganjar Punya Bahan Jualan

Senin, 3 Januari 2022 07:45 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa)
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut warga Jawa Tengah lebih bahagia daripada warga DKI Jakarta. Hasil survei tersebut bikin Gubernur DKI, Anies Baswedan jadi sasaran kritik para lawan politiknya. Sementara Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo girang karena punya bahan jualan yang baru yang bisa terus mendongkrak namanya di panggung Pilpres 2024.

Laporan indeks kebahagiaan 2021 itu berdasarkan survei yang dilakukan BPS pada rentang waktu 1 Juli hingga 27 Agustus 2021. Sejak 2014, BPS memang mulai mengukur tingkat kebahagiaan di seluruh daerah dengan cara Survei Pengukuran Tingkat Kebahagiaan (SPTK).

Baca juga : Tegar Diselingkuhi, Layak Diganjar Penghargaan

Survei dilaksanakan setiap 3 tahun sekali. Tahun ini, tingkat kebahagiaan diukur dari 3 demensi yaitu kepuasan (life satisfaction), perasaan (affect) dan makna hidup (eudaimonia).

Hasilnya, secara nasional Indeks Kebahagiaan Indonesia mengalami peningkatan dari 70,69 persen di 2017 menjadi 71,49 persen pada 2021. Sementara untuk skala provinsi, ada yang mengalami kenaikan, ada yang menurun. Tercatat ada 10 provinsi yang mengalami penurunan. Salah satunya DKI Jakarta.

Baca juga : Airlangga Makin Ngebut, Prabowo Dan Ganjar Kesalip

Berdasarkan data BPS, Indeks Kebahagiaan warga Jakarta berada di angka 70,68 persen. Angka ini mengalami penurunan 0,65 poin dari sebelumnya 71,33 pada 2017. Angka ini berada di bawah Indeks Kebahagiaan Nasional yang berada di level 71,49. Kenapa angkanya menurun, tidak dijelaskan BPS.

Sementara salah satu provinsi yang mengalami kenaikan adalah Jawa Tengah. BPS mencatat angka kebahagiaan Jawa Tengah mencapai 71,73 poin. Hasil ini tentu menjadi prestasi tersendiri bagi Jawa Tengah. Sebab angkanya di atas rata-rata nasional.

Baca juga : Setan Merah Ogah Paksa Pogba Bertahan

Hasil survei BPS ini memanaskan percakapan di linimasa Twitter. Sebagian warganet menjadikan kabar ini sebagai bahan kritik terhadap Anies. Jubir PSI, Dedek Prayudi menilai hasil survei BPS itu menunjukkan Anies gagal memimpin Jakarta. “Warga DKI lebih bahagia tanpa Anies duduk di balaikota,” kicau @uki23.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.