Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Risiko Penularan Covid Di Indonesia Terkendali

Optimis, Tahun Ini Kita Terbebas Dari Pandemi

Selasa, 4 Januari 2022 06:25 WIB
Ilustrasi covid-19 di Indonesia. (Foto: AFP-Mladen Antonov).
Ilustrasi covid-19 di Indonesia. (Foto: AFP-Mladen Antonov).

RM.id  Rakyat Merdeka - Risiko penularan Covid-19 di Indonesia diklaim sudah terkendali. Bahkan, lebih baik dibandingkan Amerika dan Eropa.

Ketua Bidang Komunikasi Publik Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Hery Trianto yang mengatakan risiko penularan Covid-19 di Indonesia lebih aman dibanding negara-negara di Eropa dan Amerika. Pasalnya, tingkat positivity rate Covid-19 di Indonesia saat ini di bawah 0,1 persen.

“Jauh di bawah batas yang disyaratkan oleh World Health Organization (WHO) yakni positivity rate 5 persen,” katanya.

Baca juga : Inflasi Indonesia 2021 Tetap Terkendali Rendah Dan Stabil

Apalagi, kata Hery, saat ini kasus harian Covid-19 di Indonesia kurang dari 300 kasus per hari. Bahkan, per 31 Desember tahun lalu hanya 180 kasus. Angka tersebut, jauh dibandingkan kasus harian di Eropa.

“Seperti Perancis, mencapai 200 ribu kasus per hari, dan di Amerika lebih dari 500 ribu per hari. Tentu ini daerah-daerah (negara) yang cukup berbahaya,” jelas Hery.

Sebab itu, Hery mengingatkan masyarakat sementara waktu tidak melakukan perjalanan ke luar negeri di tengah meluasnya varian Omicron. Terlebih, sejak awal Desember lalu, Presiden Jokowi juga telah mengimbau masyarakat tidak dulu bepergian ke luar negeri.

Baca juga : Awal 2022, Indonesia Terima Hampir 1 Juta Vaksin Pfizer Dari Italia

“Di luar negeri jauh lebih tidak aman dibandingkan di Indonesia. Diharapkan, masyarakat masih bisa menahan diri,” harap Hery.

Kendati rata-rata sejak pertengahan Desember 3 ribu orang melakukan perjalanan ke luar negeri. Awal tahun ini, kata Hery, dilaku­kan antisipasi terhadap pelaku perjalanan luar negeri untuk benar-benar menjalani karantina yang disyaratkan.

“Termasuk melakukan testing entry mau­pun exit test untuk memastikan mereka negatif varian apa pun,” tandas Hery.

Baca juga : Pita Putih Indonesia Fokus Edukasi Kesehatan Ibu Dan Anak

Netizen optimistis kasus Covid-19 di Indonesia terus melandai. Bahkan, Indonesia segera akan masuk pada fase aman dan terk­endali. Sehingga pada tahun 2022, ndonesia terbebas dari pandemi.

Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin menga­jak masyarakat tetap semangat menyambut Tahun Baru dengan penuh optimisme. Dia berharap di tahun 2022, Covid-19 segera teratasi dan semua orang bisa beraktivitas normal kembali.

“Jaga terus kerukunan, persatuan dan kes­atuan bangsa, serta selalu disiplin menjalankan prokes,” ajak @Kiyai_MarufAmin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.