Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ketua KPK: OTT Walkot Bekasi Catatan Buruk Pemberantasan Korupsi

Kamis, 6 Januari 2022 11:15 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri. (Foto: Humas KPK)
Ketua KPK Firli Bahuri. (Foto: Humas KPK)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyesalkan praktik korupsi yang dilakukan Wali Kota Rahmat Effendi alias Pepen. Pepen, diciduk tim satgas KPK dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu (5/1).

"Kemarin kita melakukan tangkap tangan salah satu kepala daerah, yaitu Wali Kota Bekasi. Ini adalah catatan buruk terkait dengan upaya-upaya kita untuk pemberantasan korupsi karena masih ada yang terlibat praktek-praktek korupsi," ujar Firli, di Kantor Kemenkumham, Jakarta Selatan, Kamis (6/1).

Baca juga : Firli Langsung Tancap Gas

Ditegaskan purnawirawan jenderal polisi bintang tiga itu, seharusnya tidak boleh ada lagi praktik-praktik korupsi. Apalagi, bangsa Indoensia tengah melakukan perjalanan, dari ketertutupan ke arah keterbukaan.

"Dengan alam keterbukaan yang rohnya adalah transparansi dan akuntabel, tentulah itu mimpi buruk bagi para koruptor. Karena itu, tidak boleh ada lagi korupsi yang terjadi era keterbukaan dan reformasi serta demokrasi yang kita kembangkan sampai saat ini," tegasnya.

Baca juga : Pasca Di-OTT, Wali Kota Bekasi Masih Diperiksa Intensif

Pepen diciduk tim komisi antirasuah dalam OTT karena diduga terkait dengan kasus dugaan suap di Pemerintahan Kota (Pemkot) Bekasi.

"Informasi yang kami peroleh, tangkap tangan ini terkait dugaan korupsi penerimaan janji atau hadiah pengadaan barang dan jasa serta lelang jabatan dilingkungan Pemkot Bekasi," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, lewat pesan singkat, Kamis (6/1).

Baca juga : KPK Gelar OTT, Kabarnya Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi Diamankan

Selain Pepen, tim komisi antirasuah juga mengamankan 11 orang lainnya. "Ada ASN Pemkot Bekasi dan pihak swasta," imbuhnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.