Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ceramahnya Provokatif

Ulama Hingga DPRD Dukung Polda Jabar Tersangkakan Bahar Smith

Jumat, 7 Januari 2022 09:02 WIB
Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Karawang, KH. Ahmad Ruhyat Hasbi. (Foto: Ist)
Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Karawang, KH. Ahmad Ruhyat Hasbi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dukungan terus mengalir terhadap Polda Jawa Barat dalam penangkapan Habib Bahar bin Smith terkait kasus dugaan penyebaran hoaks dalam dakwahnya. Salah satunya disampaikan Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Karawang, KH. Ahmad Ruhyat Hasbi.

"Ingat ini negara hukum dan supremasi hukum harus ditegakkan tanpa pandang bulu kepada siapapun yang melakukan pelanggaran. Polda Jabar maju terus jangan takut, semua pelaku ujaran kebencian yang akan membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa harus segera ditindak," tegasnya dalam keterangannya, Jumat (7/1).

Serupa, KH. Ubaidillah Haris yang juga pengasuh Pondok Pesantren di Kabupaten Karawang juga mengapresiasi dan mendukung penuh Kapolda Jawa Barat yang telah menindak dan menegakkan supremasi hukum terhadap Habib Bahar bin Smith yang menurutnya telah melakukan provokasi kepada masyarakat mengatasnamakan agama.

Ceramah Bahar memberikan suasana kekacauan terhadap masyarakat yang berimbas terhadap ketertiban umum.

Baca juga : Prof. Indriyanto Dukung Polri Proses Hukum Bahar Bin Smith

"Karenanya sikap-sikap yang intoleransi terhadap kenegaraan yang dilakukan Bahar bin Smith harus dilakukan penegakan hukum. Sudah benar yang dilakukan Kapolda Jawa Barat. Itu semua demi ketenangan kepada masyarakat dan masyarakat jangan sampai terprovokasi dengan apa yang telah dilakukan oleh Bahar bin Smith," tuturnya.

Tokoh agama Pabedilan Kabupaten Cirebon, KH. Saefulloh Farid menghimbau semua pendukung Bahar dan seluruh masyarakat Kabupaten Cirebon untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi serta mempercayakan sepenuhnya proses hukum Bahar Smith terhadap Kepolisian.

"Dengan ini menyatakan dukungan sepenuhnya kepada Polri dalam proses kasus Habib Bahar bin Smith. Saya berharap kepada pendukung atau muhibbin Habib Bahar bin Smith agar tidak memaksakan diri datang ke Polda Jawa Barat yang akan memicu kerumunan dan akan mengakibatkan tingginya kasus Covid-19 dengan segala variannya dan ini fakta serta nyata," imbau Saefulloh.

Hal senada juga disampaikan Patih Sepuh Keraton Kasepuhan Cirebon Kota, Pr Gumelar Suriadiningrat.

Baca juga : Lemkapi Dukung Polri Tuntaskan Kasus Ujaran Kebencian Bahar Bin Smith

"Saya mewakili keluarga besar Keraton Kasepuhan Cirebon mendukung upaya penegakan hukum terhadap Bahar Smith oleh Polda Jabar," ucapnya.

Tokoh Agama Kota Sukabumi Ustadz Robi Ridwansyah mendukung Polda Jawa Barat untuk memproses hukum Bahar bin Smith. Dia juga mengimbau kepada tokoh agama, tokoh masyarakat dan masyarakat secara umum untuk berhati-hati dalam menyampaikan pendapat di muka umum.

"Saya mengimbau kepada seluruh warga masyarakat Kota Sukabumi untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi serta mempercayakan semua proses hukum HBS kepada kepolisian dan pihak-pihak yang berwenang serta kita tetap sama-sama menjaga persatuan dan kesatuan agar NKRI ini tidak mudah terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan," imbuhnya.

Hal yang sama juga disampaikan anggota DPRD Kota Sukabumi, Ivan Rusvansyah.

Baca juga : Semoga Garuda Kembali Bersinar

"Dengan ini mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Sukabumi tetap tenang dan tidak terprovokasi. Kita harus meyakini pada pihak kepolisian dan kita harus meyakini bahwa mepolisian tetap berlaku adil kepada siapapun," pungkas Ivan. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.